News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2023

Kerahkan 33 Bus Scania, UT Berangkatkan 1.000 Orang Mudik ke Jateng dan Jatim

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah berbincang dengan peserta mudik di seremoni pelepasan mudik bersama UT Group tahun 2023 di Jakarta, Rabu, 19 April 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini, PT United Tractors Tbk (UT) Group kembali menyelenggarakan mudik bersama tahun 2023 untuk karyawan dan keluarga menggunakan 33 bus Scania ke berbagai kota tujuan di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

Keberangkatan para pemudik di kegiatan mudik bersama bertajuk Mudik Bareng Scania Lagi Yuk ini dilepas secara serentak oleh UT Group dari head 9ffice PT United Tractors Tbk (UT) (Cakung) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA) (Pulogadung) Jakarta Timur, dan di PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE) di Cikarang, Jawa Barat.

Total peserta kegiatan mudik bersama ini mencapai 1.089 orang menggunakan transportasi bus Scania sebanyak 33 unit dengan tujuan Malang, Surabaya, Blitar, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Cilacap.

Seremoni pelepasan mudik bersama dilakukan oleh jajaran Direksi UT Group dan dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya mengatakan, tradisi mudik sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia dan merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan setiap tahunnya.

Tahun ini merupakan mudik yang cukup besar, sehingga perlu adanya tenggang rasa untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan saat perjalanan.

“Saya mengapresiasi kepada UT Group karena telah menyelenggarakan mudik bersama karyawan tahun 2023. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga, namun juga memberikan dampak positif terhadap pemerataan ekonomi di Indonesia,” ujar Menaker Ida Fauziyah.

Berdasarkan hasil survey Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub, potensi pergerakan nasional pada Lebaran tahun 2023 adalah 45,8 persen atau 123,8 juta orang dengan potensi pergerakan terbanyak adalah di Pulau Jawa sebanyak 62,5 persen atau 77,3 juta orang. Karena itu, pemerintah menghimbau perusahaan swasta
untuk menyelenggarakan mudik bersama dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan sekaligus mengurangi kepadatan di jalan.

UT Group mendukung himbauan tersebut dengan menggelar mudik bersama untuk memudahkan para karyawan agar dapat menjalankan mudik dengan aman dan nyaman. Di kegiatan mudik bersama ini juga disediakan layanan pengecekan kesehatan dan tetap memastikan penerapan protokol kesehatan.

“UT Group berupanya mengembalikan semangat mudik agar kebersamaan Lebaran tahun ini lebih terasa, sejalan dengan semangat UT Group untuk terus membangun keberlanjutan untuk Indonesia. Saya mengucapkan selamat merayakan Lebaran bersama dengan keluarga, dan tetap menjaga keselamatan serta keamanan selama perjalanan mudik hingga kembali ke Jakarta,” ujar Edhie Sarwono, Direktur UT.

Baca juga: UT Group Kerahkan Alat Berat, Jalankan Tanggap Bencana Pasca Erupsi Semeru

Rangkaian acara pelepasan mudik bersama diawali dengan registrasi peserta dan dilanjutkan dengan sambutan Menakrr Ida Fauziyah disusul Direktur UT Edhie dan Ketua Serikat Pekerja UT Mulyono, ditutup dengan doa dan seremoni pelepasan peserta melalui pelepasan bendera.

Kegiatan mudik bersama ini diinisiasi sejumlah perusahaan yang tergabung dalam UT Group seperti PT United Tractors Tbk (UT), PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE), Bina Pertiwi (BP), PT Traktor Nusantara (TN), PT Mitra Bakti UT (MBUT), Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKBUT), PT Kanitra Mitra Jayautama (Kamaju), PT Global Service Indonesia (GSI), dan UT School.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini