News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tahun Baru Islam

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah: Lengkap Tulisan Arab, Latin, Terjemahan

Penulis: garudea prabawati
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Berikut doa untuk menyambut 1 Muharram 1445 H dan doa akhir tahun Muharram.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah doa di akhir tahun Muharram serta doa di awal Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriah.

Bertepatan Rabu, 19 Juli 2023, diperingati Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriah.

Hal tersebut berdasarkan pada surat keputusan bersama SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

SKB 3 Menteri yang ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. SKB ini telah mengalami dua kali perubahan, terbaru disahkan pada 16 Juni 2023.

Disebutkan dalam surat tersebut, 19 Juli 2023 adalah hari libur nasional karena bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1445 H.

Diketahui bulan Muharram merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim, lantaran menjadi bulan pembuka tahun Hijriah atau kalender Qomariah.

Bacaan Doa Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H: Latin dan Terjemahan (Freepik)

Bulan Muharram juga merupakan satu di antara 12 bulan yang ada dalam kalender Hijriah.

Di mana 12 bulan dalam kalender Hijriah di antaranya Muharram, Safar, Robi'ul Awal, Robi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqo'idah, dan Dzulhijjah.

Dari 12 bulan tersebut, Allah juga menjadikan sebagian bulan lebih utama daripada sebagian yang lain, dan bulan Muharram masuk di dalamnya.

Sebagaimana firman-Nya.

"Di antaranya ada empat bulan yang haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan empat itu." (At-Taubah:36).

Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya Allah membuka tahun dengan bulan haram (bulan Muharam) dan mengakhirinya pula dengan bulan Haram (bulan Dzulhijjah). Maka tiada bulan dalam satu tahun lebih agung di sisi Allah setelah bulan Ramadhan daripada bulan Muharam."

Bacaan Doa

Doa akhir tahun

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini