News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sertijab KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak Terima Panji Kartika Eka Paksi dari Panglima TNI

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima Panji Kartika Eka Paksi dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) KSAD di Markas Besar TNI Angkatan Darat Jakarta pada Jumat (1/12/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima Panji Kartika Eka Paksi dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) KSAD di Markas Besar TNI Angkatan Darat Jakarta pada Jumat (1/12/2023).

Dengan demikian, mulai hari ini Maruli telah resmi menjalankan tugasnya sebagai KSAD.

Dalam acara tersebut tampak sejumlah mantan Panglima TNI yang hadir di antaranya Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ke-9 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Laksamana (Purn) Yudo Margono, dan Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo.

Hadir pula Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya.

Usai upacara, tampak Agus dan Maruli menyapa dan memyalami mereka.

Di hari sebelumnya, Agus juga telah menyerahkan naskah risalah serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan penandatangan serta penyerahan risalah Ketua Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi di Mabes AD, Jakarta pada Kamis (30/11/2023).

Agus mengatakan saat ini yang menjadi fokus tugas TNI yaitu masalah di Papua, bencana alam dan pesta demokrasi Pemilu.

"Visi saya adalah TNI prima, akan saya wujudkan TNI yang profesional,  hal ini saya sudah sampaikan untuk well equipt, well train kemudian well paid, sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik," kata Agus dalam keterangan resmi Puspen TNI dikutip Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Jenderal Maruli Simanjuntak Ungkap Pesan Jokowi Usai Melantiknya Jadi KSAD

Terkait Papua, Agus mengedepankan kearifan lokal masyarakat kemudian lakukan pendekatan soft power. 

"Sesuai saya fit and proper test lalu, jadi gunakan smart power dan  soft power dulu, nanti kita ke depankan operasi teritorial, didukung oleh operasi Intel dan operasi tempur pasukan," kata dia.

Agus juga berharap Maruli dapat mewujudkan misi TNI Angkatan Darat yang prima.

"Dalam menghadapi dinamika yang kompleks, agar terwujudnya kesiapan operasional TNI AD, kita harapkan setiap saat pasukan itu siap operasi," kata dia.

Usai penyerahan risalah, dilaksanakan juga serah terima Yayasan Kartika Eka Paksi yang merupakan rangkaian dari agenda pergantian pejabat ketua pembina yayasan. 


Jenderal Air

Akses air bersih kepada masyarakat yang disupervisinya tetap terus berjalan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini