News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Jokowi Maruf

Jokowi Ungkap Alasan Lantik Tiga Wakil Menteri Jelang Lengser

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Menteri Keuangan yang baru dilantik Thomas Djiwandono (tengah), keponakan Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih Prabowo Subianto, berbicara kepada media setelah pelantikannya di Istana Kepresidenan di Jakarta pada 18 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan melantik 3 Wakil Menteri (Wamen) baru, jelang lengser pada Oktober 2024 mendatang.

Menurut Jokowi keputusannya melantik 3 Wamen tiga bulan jelang masa jabatannya berakhir adalah untuk melancarakan keberlanjutan pemerintahan ke periode mendatang.

Baca juga: TKN Bantah Thomas Djiwandono dan Sudaryono Ditunjuk Jadi Wamen Hidupkan Dinasti Politik Prabowo

"Ini untuk melancarkan, memuluskan keberlanjutan. Ya itu aja," kata Jokowi, usai membuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (19/7/2024).

Jokowi membantah bahwa diangkatnya 3 Wamen merupakan bagian dari bagi-bagi jabatan. Pelantikan tiga Wamen tersebut kata Jokowi telah dibicarakan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Enggak, enggak, enggak (bagi bagi jabatan). Ini sudah saya bicarakan langsung dengan kepentingan pemerintah berikut. Saya sudah bicara dengan presiden terpilih bapak Prabowo Subianto," pungkasnya.

Baca juga: PKS Harap Dilantiknya 3 Wamen Bukan Transaksi Politik: Bisa Jadi Siapkan Masa Transisi yang Mulus

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga Wakil Menteri di Istana Negara, Jakarta pada Kamis sore (18/7/2024). Mereka yang dilantik yakni Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi atau Wakil BKPM.

Dua dari tiga Wamen tersebut merupakan politikus Gerindra. Thomas Djiwandono merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra, dan Sudaryono merupakan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini