News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Siswa SMP Tewas di Padang

Bertemu Komisi III DPR, Ayah Afif Maulana Berharap Anaknya Dapat Keadilan: Tolong Bantu Kami

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Layar menampilkan foto Afif Maulana saat update temuan dan proses advokasi terkait penyiksaan berujung kematian anak berstatus pelajar, Afif Maulana di Kantor YLBHI, Jakarta, Selasa (2/7/2024). Dalam keterangannya, keluarga akan melakukan ekshumasi terhadap jenazah korban Afif Maulana dan pihak keluarga merasa hasil forensik tidak sesuai dengan kesimpulan yang disampaikan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono bahwa Afif meninggal dunia karena melompat, jatuh, atau terpeleset dari Jembatan Kuranji. Ayah Afif Maulana, Afrinaldi, meminta Komisi III DPR RI untuk membantu pihaknya mengusut kasus kematian putranya, Senin (5/8/2024). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Komisi III DPR RI menerima audiensi dengan kuasa hukum dan keluarga almarhum Afif Maulana di Jakarta, Senin (5/8/2024).

Audiensi ini turut dihadiri oleh Polda Sumatra Barat (Sumbar) dan Polres Kota Padang.

Pada kesempatan itu, ayah Afif Maulana, Afrinaldi, meminta Komisi III DPR RI untuk membantu mengusut kasus kematian putranya,

Pasalnya, Afrinaldi merasa pihak kepolisian seakan-akan mengulur-ulur waktu dalam menangani kasus kematian Afif Maulana.

"Tolong bantu kami, Pak, mengusut kasus ini, Pak, karena yang saya lihat, saya rasa kepolisian seakan-akan mengulur-ngulur, Pak, untuk mengusut kasus ini."

"Saksi kami sudah hadirkan dua orang yang melihat bahkan sampai sekarang belum ditingkatkan kasusnya ke penyidikan," ucapnya di Gedung DPR, Senayan, Senin, dilansir YouTube Kompas TV.

Ia mengaku tak akan tenang sampai pelaku dalam kasus kematian Afif tertangkap.

Afrinaldi berharap anaknya bisa memperoleh keadilan dan penyebab kematiannya menjadi terang benderang.

"Karena itu saya minta bantu, Pak. Tolong bantu kami untuk mengusut, Pak. Biar kami tenang, Pak. Kalau seandainya pelakunya tidak tertangkap kami enggak akan tenang."

"Saya berharap anak saya dapat keadilan, kematiannya pun jelas kasusnya," ucap Afrinaldi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengaku sudah meminta Kapolda Sumbar, Irjen. Suharyono dan Kapolres Kota Padang untuk menerbitkan surat ekshumasi terhadap jenazah Afif Maulana.

"Jadi, ini utamanya adalah permintaan agar bisa dilakukan ekshumasi. Jadi yang lain-lain kita sudah dengar dari media," ucap Dasco.

Baca juga: Polda Sumbar Periksa Puluhan Saksi Terkait Kasus Kematian Afif Maulana, Termasuk Saksi Ahli

"Jadi, sejak kemarin kita komunikasi, saya sudah minta Kapolda untuk meminta Kapolres Kota Padang menerbitkan surat ekshumasi, salinan surat sudah di-WA (WhatsApp) ke saya, tapi saya pengen agar salinan surat itu diberikan langsung kepada teman-teman Komisi III (DPR) dan keluarga korban. Kita tidak mau berdebat, tapi goal-nya adalah ekshumasinya berjalan,"imbuhnya.

Tangis Ibu Afif Maulana

Ibu Afif Maulana, Anggun Andriani, tampak menangis saat meminta tolong kepada Komisi III DPR mengusut kasus kematian putranya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini