News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua

1,5 Tahun Jadi Sandera KKB Nduga, Pilot Susi Air Menangis Saat Video Call dengan Keluarga

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pernyataan resmi manajemen Susi Air atas telah bebasnya pilot Philip Mark Mehrtens setelah 1,5 tahun lebih menjadi sandera kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sabtu (21/9/2024)/.

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens tak kuasa menahan haru. Air matanya akhirnya jatuh ketika akhirnya berkomunikasi lagi dengan keluarganya.

Sabtu (21/9/2024) kemarin Philip resmi bebas setelah 1,5 tahun lebih menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

Setelah dijemput dari Nduga kemudian menuju Timika, Philip menghubungi istrinya lewat video call. Di sana suasana haru terjadi.

Dikutip dari keterangan pers dan video yang diterima Tribunnews, raut wajah Philip yang awalnya tegang seketika berubah saat mendengar dan melihat wajah keluarganya. Air mata pun jatuh ketika dirinya mengabarkan sudah bebas dari penyanderaan OPM.

“Pilot Philip Mark Mehrtens sangat bahagia saat melakukan video call bersama istri dan keluarganya untuk mengabarkan bahwa ia telah dibebaskan," ucap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

Philip sendiri dalam konferensi pers di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Sabtu (21/9) mengaku senang bisa bebas dari sandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua selama 1,7 tahun. 

"Hari ini akhirnya saya sudah keluar. Saya senang sekali sebentar lagi pulang ke keluarga saya lagi," kata Philip.

Pilot asal Selandia Baru itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu upaya pembebasan dirinya.

"Terima kasih semua orang yang membantu hari ini, saya keluar dengan kondisi yang aman dan sehat. Terima kasih banyak semua," ucapnya.

Baca juga: Pilot Susi Air Dibebaskan, Susi Pudjiastuti Ungkapkan Terima Kasih ke Jokowi dan Prabowo

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters mengaku lega setelah warga negaranya itu berhasil dibebaskan dari penyanderaan KKB di Papua. 

Peters mengatakan kondisi Philip saat ini aman dan sehat, serta sudah bisa berkomunikasi kembali dengan keluarganya.

Baca juga: Pilot Susi Air Akhirnya Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Proses yang Panjang dan Melelahkan

"Kami senang dan lega untuk mengonfirmasi bahwa Philip Mehrtens aman dan sehat dan telah dapat berbicara kembali dengan keluarganya," kata Peters, dikutip AFP, Sabtu (21/9). "Berita ini pasti sangat melegakan bagi teman-teman dan orang-orang yang dicintainya," lanjut Peters.(tribun network/abd/den/dod)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini