News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kejagung Pamerkan Uang Kas Sitaan Rp 372 Miliar, Sebagian Mata Uang Asing

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penampakan tumpukan uang senilai Rp372 miliar hasil penggeledahan tim penyidik Jampidsus Kejagung terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) Duta Palma Group, Rabu (2/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung memamerkan uang tunai yang disita oleh tim penyidik sejumlah Rp 372 miliar terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) Duta Palma Group.

Tidak hanya mata uang rupiah, melainkan mata uang asing yakni dolar Singapura, dolar Amerika Serikat hingga yuan China.

Sebelum dipamerkan, sejumlah uang itu dibawa menggunakan dua mobil box yang tiba di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024) sekira pukul 21.00 WIB.

Uang-uang tersebut ditaruh di dalam beberapa kardus, koper hingga kabinet lemari besi.

Tampak sejumlah petugas yang membawa barang bukti harus bersusah payah membawa tumpukan uang tersebut ke dalam gedung.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Harli Siregar menuturkan uang senilai Rp 372 miliar yang disita dari hasil penggeledahan itu akan diserahkan ke bank.

“Akan dihitung ulang oleh bank sebelum diserahkan,” kata Harli saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Abdul Qohar mengatakan uang kas senilai Rp 372 miliar dari hasil penggeledahan kantor PT Asset Pacific yang masih dalam naungan Duta Palma Group dilakukan di dua lokasi.

Pada Selasa (1/10/2024) sekitar pukul 23.30 WIB, tim penyidik menggeledah Menara Palma Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan.

“Dalam penggeledahan tersebut telah ditemukan uang tunai dengan lembaran Rp100 ribu sejumlah Rp 40 miliar yang berada di sembilan koper,” ucap Abdul Qohar.

Baca juga: Kejagung Sita Uang Tunai Rp450 Miliar Terkait Kasus Pencucian Uang Korporasi Perkebunan Kelapa Sawit

Selain itu, tim menemukan uang dolar Singapura sebesar 2 juta dolar Singapura dan bila ditotal penggeledahan pertama berjumlah Rp63,7 miliar.

Abdul Qohar menyebut pada Rabu (2/10/2024), tim kembali melakukan penggeledahan di Kantor PT Asset Pacific di Palma Tower 22-24 Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

“Dalam penggeledahan ini tim penyidik menemukan uang tunai sebanyak Rp149 miliar, setengah jam yang lalu baru dibawa ke gedung bundar,” tukasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini