News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Badai PHK

Daftar Startup Lakukan PHK, Ada yang Gelombang Kedua, Kapan Berakhirnya?

Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kasus PHK dari mulai industri tekstil hingga perusahaan rintisan teknologi tidak lepas dari kondisi ekonomi yang sedang tidak baik.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup berbagai sektor kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Terbaru startup sektor pertanian, eFishery PHK sejumlah karyawan yang tidak disebutkan.

Vice President of Public Affairs eFishery Muhammad Chairil mengatakan, keputusan PHK ini didasarkan pada perubahan strategi perusahaan.

Baca juga: Sharp PHK 500 Pekerja Lewat Skema Pensiun Dini

“Keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang sangat matang berdasarkan restrukturisasi dan perubahan strategi bisnis perusahaan, dan eFishery memahami dampaknya terhadap para individu,” kata Chairil dikutip dari Kontan, Minggu (28/7/2024).

Adanya PHK di eFishery menambah deretan startup memangkas jumlah pekerjanya.

Berikut daftar startup yang melakukan PHK:

Tokopedia

Tokopedia menutup layanan Tokopedia NOW! pada 15 Juli, yang berujung pada PHK.

Tokopedia NOW! menyediakan layanan pesan–antar hitungan jam hingga menit, yang dirilis pada November 2021.

DailySocial

Startup media teknologi ini disebut-sebut melakukan PHK pada April 2024.

Di bawah manajemen baru, perusahaan rintisan ini kini berfokus pada kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Xendit

Xendit yang merupakan unicorn fintech pertama di Indonesia, memangkas karyawannya untuk memaksimalkan ketahanan jangka panjang perusahaan dan fokus meningkatkan profitabilitas.

PHK terhadap karyawan bukan kali pertama dilakukan Xendit. Pada Oktober 2022 lalu, Xendit memangkas 5 persen karyawannya di Indonesia dan Filipina.

Xendit adalah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, mulai dari UMKM, startup, e-commerce hingga perusahaan besar.

Flip

PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi atau Flip melakukan PHK untuk menjamin keberlangsungan bisnis di tengah kondisi global yang tidak menentu. Flip tidak membeberkan jumlah karyawan yang terdampak PHK.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini