News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2014

Hanya Lima Warga Berhak Coblos

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TPS 86 di Nayu, Kadipiro, Solo, Selasa 98/4/2014)

* Di RT 40 Kelurahan Karot-Manggarai

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Egy Moa

TRIBUNNEWS.COM, RUTENG--Jumlah warga di RT 40 Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, yang bisa menggunakan hak politiknya dalam  Pemilu Legislatif (Pileg), Rabu (9/4/2014) hanya lima orang warga.  Warga setempat berencana memboikot pelaksanaan pileg di RT tersebut.

Ketua RT 40, Ferdinandus Bokok, telah mengecek nama-nama warganya pada 13 tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Karot. Tapi, tak ditemukan satupun nama warganya, selain lima orang yang sudah tercantum di dalam daftar pemilih tetap (A3). Sekitar 150 warganya kemungkinan tak bisa menggunakan hak memilih.

"Kami merencanakan memboikot pemilu hari Rabu, kalau sampai warga kami tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Kami tuntut hak kami," tegas Ferdinandus, bersama tiga warganya kepada komisioner KPUD Manggarai, Apolonaris Soleman, Senin (7/4/2014).

Ferdinandus mengakui telah menemui KPPS hari Minggu malam. KPPS menyarankan menanyakan langsung masalah ini kepada KPUD Manggarai.

Yang mengejutkan warga, kata  Ferdinandus,  warga RT 27, Maria Suwija, yang telah meninggal dunia tahun 2013 dan Paulus Wada, warga RT 21 meninggal tahun 2012  masih  tercantum sebagai memilih.

"Jumlah DPT  yang tercantum di dalam website 393 pemilih di TPS 6 meliputi warga RT 40, RT 21, 27 dan 19, tetapi di dalam DPT (A3) hanya tercantum 245. Pendobelan nama bisa mencapai 20-an orang," beber Ferdinandus.

Dia menyangsikan warga RT 40 bisa menyalurkan aspirasi politiknya. Jumlah surat suara yang dikirim sangat terbatas. Tambahan dua persen juga tak akan bisa mengakomodir aspirasi warga.

Komisioner KPUD Manggarai, Apolonaris Soleman, tak bisa memastikan apakah 150-an warga RT 40 akan diakomodir hak suaranya. KPUD akan menelusurinya untuk memastikan nama-nama warga yang masih tercecer. "Kemungkinan ada di TPS yang lain," kata Apolonaris. *  

LIMA PEMILIH RT 40:
1.   Ferdinandus Bakok
2.   Lusia Jemina
3.   Andonis Kewaru
4.   Yustina Esong
5.   Wilfrida Harmiati Ayu
Sumber: Keterangan Ketua RT 40 Kelurahan Karot. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini