News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kereta Teknis Proyek KCJB Anjlok, 4 Orang Dikabarkan Terluka, Polisi Sebut Ada Korban Jiwa

Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kereta teknis milik PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) keluar jalur hingga terguling di area Cipada-Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/12/2022) sore.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peristiwa anjloknya kereta teknis milik Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) dikabarkan menyebabkan empat orang terluka dan terdapat korban jiwa.

Peristiwa anjloknya kereta teknis ini terjadi pada area Cipada-Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/12/2022) sore.

Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry, membenarkan adanya kejadian kereta teknis yang keluar jalur tersebut dan hingga saat ini penyebab serta kronologisnya masih dalam proses investigasi pihak terkait.

"Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai kereta teknis yang keluar jalur di KCJB pada Minggu (18/12), PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait," ujar Rahadian yang dikutip dari Tribun Jabar, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Wamen BUMN Tak Persoalkan Permintaan Perpanjangan Masa Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Rahardian mengatakan, kejadian kereta teknis yang keluar jalur ini diperkirakan terjadi di area jalur Cipada-Cikalongwetan, KBB. Namun pihaknya belum bisa memastikan terkait penyebab dari kecelakaan tersebut.

Akibat kejadian ini, empat orang pekerja dikabarkan mengalami luka-luka, namun terkait hal ini Rahardian juga belum bisa memastikan karena proses investigasi masih dilakukan.

"Kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi, termasuk adanya informasi empat tenaga kerja yang terluka," katanya.

Rahardian mengatakan, KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini dan KCIC memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB senantiasa mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja.

"Para kontraktor akan berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari," ujar Rahadian.

Ada Korban Jiwa

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan kereta teknis di trase Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), tepatnya di Kampung Campaka, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/12/2022).

Kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tersebut keluar jalur atau anjlok sekitar pukul 16.00 WIB hingga menyebabkan rangkaian dan lokomotif kereta itu terlempar dari ujung jalur trase dengan jarak sekitar 200 meter.

Direskrimum Polda Jabar, Kombes Pol K Yani Sudarto mengatakan, untuk menyelidiki penyebab dan kronologis kejadian ini pihaknya akan menerjunkan tim khusus yang nantinya akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Baca juga: KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diperpanjang Jadi 80 Tahun, Luhut: Nggak Masalah

"Kemudian kita mendatangkan tim dari Puslabfor Mabes Polri. Jadi untuk kronologis dan penyebab kecelakaan belum tahu karena masih lidik dan di sini sekarang gelap," ujarnya di lokasi kejadian, Minggu (18/12/2022) malam.

Berdasarkan hasil olah TKP sementara, Yani memastikan memang ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun pihaknya belum bisa menyampaikan secara rinci karena masih dilakukan identifikasi.

"Korban jiwa dan korban luka ada. Tapi untuk saat ini jumlahnya masih diidentifikasi di Rumah Sakit Santosa," kata Yani. (Hilman Kamaludin/Tribun Jabar)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini