Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Presiden Jokowi Ingin Indonesia Produksi Avtur Berbahan Kelapa Sawit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya produksi bahan bakar pesawat atau avtur di dalam negeri berbahan kelapa sawit.

Presiden Jokowi Ingin Indonesia Produksi Avtur Berbahan Kelapa Sawit
Kompas.com
Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya produksi bahan bakar pesawat atau avtur di dalam negeri berbahan kelapa sawit.

Menurut Jokowi, upaya pencampuran bahan bakar minyak (BBM) dengan minyak kepala sawit sudah dijalankan pemerintah dengan membuat program B20.

Pada tahun depan, kata Jokowi, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel dan diharapkan bisa mencapai B100.

"Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah juga sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik dan diharapkan ke depannya bisa membangun industri mobil listrik sendiri.

Baca: Jokowi Apresiasi BPK Kembalikan Kas dan Aset Negara Rp4,38 Triliun

"Kita harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan," papar Jokowi.

Jokowi pun meminta pengusaha-pengusaha dan BUMN harus berani menjadi pemain kelas dunia.

"Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global. Jika kita, kita semua, segera serius berbenah bersama, saya yakin kita akan mampu melakukanlompatan-lompatan kemajuan secara signifikan," ujar Jokowi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas