Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kaltera: Pertamina Tidak Sekadar Mengejar Profit tapi Juga Keberlangsungan Usaha

Pertamina (Persero) sebagai perusahaan migas (minyak dan gas) nasional bukan saja dituntut untuk profitable atau mengejar laba.

Kaltera: Pertamina Tidak Sekadar Mengejar Profit tapi Juga Keberlangsungan Usaha
Tribun Sumsel/Abriansyah Liberto
Petugas PT Pertamina memberikan bingkisan kepada pelanggan di SPBU COCO, Kawasan Kenten, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (4/9/2020). Pemberian bingkisan ini sebagai aspresiasi kepada pelanggan yang mengisi BBM Non Subsidi pada Hari Pelanggan Nasional. Tribun Sumsel/Abriansyah Liberto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan migas (minyak dan gas) nasional bukan saja dituntut untuk profitable atau mengejar laba.

Namun juga keberlangsungan usaha. Langkah itu dilakukan dengan membenahi organsiasi perusahaan.

Ketua Kawula Litera Indonesia (Kaltera) Boy Agustinus mengungkapkan pembenahan organisasi di Pertamina dalam rangka menyambut era baru yang ditandai percepatan ketidakpastian serta perubahan revolusi industri 4.0. 

Baca: PSBB Jakarta, Pertamina Pastikan Distribusi BBM dan LPG Aman

Baca: Didominasi Ekspor, Pertamina SMEXPO 2020 Catat Potensi Transaksi Lebih dari Rp 9 Miliar

"Tuntutan perubahan merupakan satu keniscayaan sejarah, karena itu pilihannya terbatas hanya kemauan melakukan perubahan atau tidak, jika berada dalam zona nyaman, maka akan tertelan zaman," kata Boy dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/9/2020).

Boy menilai, model kepemimpinan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan jajaran direksinya merupakan contoh kepemimpinan transformatif, yaitu membentuk perilaku, dan budaya organisasi yang berkembang menjadi nilai-nilai akomodatif memahami tantangan zaman ke depan.

"Transformatif juga ditandai semakin transparannya Pertamina dalam mengelola organisasinya serta menerapkan penempatan orang-orang secara tepat dan memandang perlunya kombinasi antara orang-orang yang senior dan yang muda muda," katanya.

Tidak heran, lanjutnya, mulai munculnya komisaris muda di PHE, PHI dan beberapa direksi muda di Elnusa dan di beberapa regional anak perusahaan menandakan satu kesempatan bahwa pertamina menjadi organisasi yang profitable sekaligus sustainable.

Kehadiran kombinasi anak anak muda juga mereka yang berpengalaman diharapkan membawa arah perubahan yang lebih baik ke depan bagi perusahaan.

Kepemimpinan transformatif juga membawa satu role model keteladanan dalam berintegritas ini ditandainya dengan keseriusan Pertamina memproses setiap laporan whistle blower yang tentu disertai dengan adanya bukti-bukti yang mendukung.

"Karena mempunyai integritas maka kekuatan moralitas itulah yang membawa perubahan kultur di pertamina terasa sekali ke arah perubahan kultur serta transparan dengan KPI yang menjadi ukuran dan penerapan good governance secara serius," tandasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas