Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gejolak Rupiah

Awal Pekan, Rupiah Melemah ke Rp 14.403 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank

Awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot ditutup melemah ke Rp 14.403 per dolar atau turun 0,12%, Senin(15/3/2021).

Awal Pekan, Rupiah Melemah ke Rp 14.403 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank
Kontan/Fransiskus Simbolon
ILUSTRASI. Petugas menghitung uang rupiah di money changer Ayu Masagung, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Awal Pekan, Rupiah Melemah ke Rp 14.403 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank. 

TRIBUNNEWS.COM - Awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada akhir perdagangan, Senin(15/3/2021).

Rupiah melemah ke Rp 14.403 per dolar atau turun 0,12% jika dibandingkan dengan posisi akhir pekan lalu pada Rp 14.385 per dolar AS.

Sementara itu, kurs rupiah Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) berada di Rp 14.418 per dolar AS. Kurs rupiah Jisdor ini melemah 0,33% dari posisi akhir pekan lalu.

Dilansir Kontan.co.id, Federal Open Market Committee (FOMC) dan Bank Indonesia (BI) juga akan menggelar rapat dewan gubernur pekan ini.

Kepala Riset Kiwoom Sekuritas Indonesia Ike Widiawati memperkirakan FOMC dan BI masih akan mengambil kebijakan untuk menahan tingkat suku bunga di level saat ini.

Menurutnya, tingkat inflasi AS diperkirakan dalam dua bulan ke depan memang berpotensi mengalami kenaikan karena mulai adanya kucuran dana stimulus bagi warga AS.

Hal ini tentunya akan dapat meningkatkan konsumsi dan mendorong inflasi AS.

"Namun demikian, saya berekspektasi The Fed masih akan bersikap dovish (mempertahankan suku bunga) untuk pertemuan kali ini karena memang kondisi perekonomian AS dan secara global pun masih rentan, sehingga kenaikan suku bunga dapat menyebabkan syok market," kata Ike kepada kontan.co.id, Jumat (12/3/2021).

Sementara, BI sebenarnya memiliki peluang untuk menurunkan suku bunganya mengingat tingkat inflasi Indonesia yang masih rendah saat ini.

Namun beberapa hal seperti nilai tukar juga harus menjadi perhatian sehingga BI di pertemuan kali ini kemungkinannya adalah tetap menjaga tingkat suku bunganya.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar.
Nilai tukar rupiah terhadap dolar. Awal Pekan, Rupiah Melemah ke Rp 14.403 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank. (Tribunnews.com/Herudin)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas