Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jokowi: Indonesia akan Jadi Top Ten Ekonomi Global di 2030

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia akan masuk dalam 10 negara ekonomi terbesar di dunia.

Jokowi: Indonesia akan Jadi Top Ten Ekonomi Global di 2030
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia akan masuk dalam 10 negara ekonomi terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pembukaan pameran teknologi terbesar di dunia yakni Hanover Messe 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin, (12/4/2021).

"Kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Indonesia top ten ekonomi global di tahun 2030," kata Jokowi.

Dalam acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Kanselir Jerman Angela Merkel tersebut, Jokowi mengatakan bahwa tahun 2045 akan menjadi tahun emas bagi Indonesia. Visi Indonesia emas untuk menyongsong satu abad berdirinya Indonesia tersebut diwujudkan dengan implementasi Industri 4.0.

Baca juga: Buka Hannover Messe 2021, Jokowi ajak Jerman Kerjasama Transformasi Teknologi

"Tahun 2045, satu abad kemerdekaan Indonesia,  akan menjadi tahun emas untuk Indonesia.  Indonesia emas. ini adalah visi besar Indonesia. Indonesia Emas yang diwujudkan melalui industri 4.0," kata Jokowi.

Kepada Merkel dan juga peserta pameran Hanover Messe 2021, Jokowi memaparkan sejumlah kelebihan Indonesia yang dapat menjadi potensi kekuatan ekonomi dunia. Diantaranya yakni ekonomi digital dan Industri 4.0 Indonesia merupakan tercepat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki banyak startup yang beberapa diantaranya telah menjadi unicorn bahkan, decacorn.

'Indonesia memiliki (jumlah) startup sekitar 2.193,  kelima terbesar di dunia, Indonesia memiliki 5 unicorn, dan Indonesia bahkan telah memiliki satu decacorn," kata Jokowi. 

Pada 2025 mendatang, kata Jokowi, Industri ekonomi digital tersebut akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar 133 miliar dolar Amerika Serikat. Oleh karenanya pada 2030 ekonomi Indonesia akan masuk 10 terbesar dunia.

"Didukung 185 juta penduduk yang memiliki akses internet terbesar ke empat di dunia," tutur Jokowi.

Dalam pidato pembukaan pameran tersebut  Jokowi mengajak Angela Merkel, agar Jerman dapat bekerjasama dengan Indonesia dalam transformasi digital. Indonesia kata Presiden telah menyiapkan roadmap Implementasi 4.0.

Lanjut Presiden, ada tiga hal utama yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menyiapkan implementasi Industri 4.0. Pertama yakni penguatan sumber daya manusia (SDM), menciptakan iklim investasi yang kondusif, serta investasi pada pembangunan hijau atau green economy.

"Kanselir Merkel, Ibu Bapak yang saya hormati, kita harus melompat jauh keluar dari krisis, pulih  dan tumbuh lebih kuat. Saya yakin Indonesia dan  Jerman dapat bermitra untuk keluar dari pandemi ini sebagai pemenang," pungkas Jokowi

Hanover Messe merupakan pameran teknologi industri terbesar di dunia. Pada pameran yang digelar pada 12-16 April 2021 tersebut, Indonesia menjadi official partner country.

Dalam pembukaan pameran, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM). Diantaranya yakni Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas