Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jadwal 'Suntik Mati' TV Analog Tanggal 17 Agustus 2021 Ditunda

Kominfo akan melakukan penjadwalan ulang seluruh tahapan ASO TV analog dan perubahan tanggal akan diumumkan kemudian.

Jadwal 'Suntik Mati' TV Analog Tanggal 17 Agustus 2021 Ditunda
Istimewa
Sosialisasi pelaksanaan digitalisasi penyiaran dan penghentian siaran televisi analog secara bertahap bersama pelaku lembaga penyiaran, perwakilan lembaga survei, pelaku industri perangkat Set Top Box (STB) dan televisi digital, asosiasi industri iklan televisi, pelaku industri ritel, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat dan Daerah, dan Balai Monitoring serta Loka Monitoring yang digelar secara luring di Jakarta, Rabu (23/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menunda jadwal ’suntik mati’ terhadap TV analog (analog switch off/ASO) menjadi layanan tv digital, yang semula akan dimulai tahap satu pada 17 Agustus.

Kominfo mengatakan akan melakukan penjadwalan ulang seluruh tahapan ASO TV analog dan perubahan tanggal akan diumumkan kemudian.

"Saya mewakili Kominfo, saya ingin menyampaikan rencana ASO yang tadinya direncanakan pda 17 Agustus 2021 tidak jadi dilaksanakan pada tanggal tersebut," kata Ismail, Plt Dirjen Penyelenggaran Pos dan Informatika dalam konferensi virtual di Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Penjadwalan ulang ini terjadi secara mendadak mengingat pada Kamis (5/8/2021) kemarin Kemenkominfo baru saja menggelar talkshow bertajuk 'Killer Content' dalam Rangka Mendorong Percepatan Masyarakat Pindah ke Siaran TV Digital, Kamis (5/8/2021), di mana pelaksanaan ASO tahap pertama akan dilakukan pada 17 Agustus 2021.

Ismail mengatakan, tanggal pasti pelaksanaan suntik mati tv analog ke tv digital akan diumumkan segera setelah Peraturan Menteri (Permen) dilakukan revisi dan ditandatangani oleh Menkominfo Johnny Plate.

"Oleh karena itu penyesuaian akan kami umumkan secepatnya," jelasnya.

Baca juga: Migrasi TV Analog ke Digital, ATVSI: Perlu Edukasi ke Masyarakat

Kominfo menyebut perubahan tanggal pelaksanaan tv analog ke digital ini dilakukan setelah mempertimbangkan beberapa hal.

Pertama, fokus pemerintah dan seluruh elemen masyarakat pemulihan pandemi Covid-19.

Selain itu Kominfo juga menerima masukan yang menyarankan proses ASO tahap 1 ini tidak dilakukan pada 17 Agustus 2021.

Kominfo pun mengimbau agar seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan kegiatan sosialisasi yang lebih gencar di wilayah ASO, agar masyarakat semakin siap untuk menikmati siaran digital dengan gambar yang bagus.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas