Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Diminta Pastikan Jaring Pengaman Sosial Tepat Sasaran Sebelum Hapus Minyak Goreng Curah

Rencana dihapusnya minyak goreng curah kembali muncul kembali pada tahun ini dengan alasan yang sama yaitu tidak higienis. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pemerintah Diminta Pastikan Jaring Pengaman Sosial Tepat Sasaran Sebelum Hapus Minyak Goreng Curah
Warta Kota/Nur Ichsan
Pedagang sembako di Cibodas, Kota Tangerang, Banten, Deni Setiawan sedang mengemas minyak goreng curah dalam kemasan plastik ukuran 1 kilogram, Minggu (10/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana dihapusnya minyak goreng curah kembali muncul kembali pada tahun ini dengan alasan yang sama yaitu tidak higienis. 

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, alasan rencana dihapusnya minyak goreng curah oleh pemerintah karena komoditas tersebut dianggap kurang memenuhi standar kesehatan. 

"Ini sudah lama direncanakan tapi rencana ini ditunda karena kenaikan harga CPO dan dipergunakan sebagai saluran subsidi," kata Piter saat dihubungi, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Rencana Minyak Goreng Curah Dihapus, Asosiasi Pedagang: Bentuk Kegagalan Atasi Persoalan

Seiring dihapuskannya subsidi dan banyaknya penyelewengan minyak goreng curah, Piter melihat  pemikiran penghapusan minyak goreng curah dimunculkan kembali oleh pemerintah. 

"Menurut saya hal ini bisa saja jadi kebijakan. Tetapi pemerintah harus meyakinkan dulu bahwa bantuan jaring pengaman sosial kepasa masyarakat bawah benar-benar bisa nyampai tepat sasaran," tutur Piter.

Pemerintah berencana menghapus minyak goreng curah secara bertahap. Sebagai gantinya, semua minyak goreng curah akan berganti dengan kemasan sederhana.

BERITA TERKAIT

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan seusai menghadiri Business Matching Program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR), Bali, Jumat (10/6/2022).

“Nanti secara bertahap kita akan hilangkan curah menuju kemasan sederhana. Karena curah itu kurang higienis. Itu yang akan kita lakukan,” ujar Luhut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas