Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jokowi Akan Melawat ke China, Jepang dan Korsel, Bahas Perdagangan dan Investasi 

Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke China, Jepang dan Korea Selatan guna membahas perkembangan kerjasama di sektor ekonomi.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jokowi Akan Melawat ke China, Jepang dan Korsel, Bahas Perdagangan dan Investasi 
Tribunnews/Rizki Sandi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di acara press briefing via virtual, Kamis (21/7/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di Asia, masing-masing China, Jepang dan Korea Selatan, pada 26-28 Juli 2022.

"Kunjungan ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo pada 27 Juli 2022 dan ke Seoul 28 Juli 2022," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat press briefing secara daring, Kamis (21/7/2022).




Retno menyatakan, kunjungan Jokowi ke tiga negara tersebut guna membahas perkembangan kerjasama di sektor ekonomi.

Khususnya kata dia, berkaitan dengan perdagangan dan investasi ke tiga negara tersebut di Indonesia.

"Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi khususnya di bidang perdagangan dan investasi," ucap Retno.

Baca juga: Jokowi Resmikan Perluasan Bandara Komodo, Pembangunan Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Di China menurut rencana, nantinya Jokowi akan bertemu dengan Perdana Menteri Premier Lu Keqiang dan Presiden Xi Jinping.

BERITA TERKAIT

Kunjungan kerja ke China kali ini membuat Jokowi menjadi salah satu pimpinan negara pertama yang diterima oleh presiden Xi Jinping selama pandemi. "Di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini," beber Retno.

Sedangkan di Tokyo, menurut rencana Jokowi akan melakukan pertemuan dengan PM Jepang Fumio Kishida serta kalangan bisnis. Pertemuan di Tokyo akan dilangsungkan pada 27 Juli 2022.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Ketersediaan Gula Konsumsi Diperkuat

"Jepang merupakan mitra ekonomi penting, mitra ekonomi tradisional kita, perdagangan bilateral kita tahun lalu mencapai 32 Miliar sementara investasi Jepang di Indonesia mencapai USD 2,26 miliar pada tahun lalu," ucap Retno.

Usai mengunjungi Fumio Kishida, Jokowi akan bertolak ke Seoul, Korea Selatan dan direncanakan bertemu Presiden Korsel Yoon Seok-youl serta kalangan bisnis negeri Ginseng tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Vietnam, Bahas Perdagangan hingga Perundingan ZEE

Pertemuan itu dijadwalkan sehari setelah dari Jepang, yakni pada tanggal 28 Juli 2022.

"Korsel juga merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi nilai perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai 18, 41 Miliar USD sementara nilai investasi Korea Selatan di Indonesia terus bertumbuh dengan pesat dan pada tahun lalu mencapai 1,64 Miliar USD," beber Retno.

Pertemuan singkat tersebut juga akan membahas mengenai isu kawasan khususnya ASEAN. "Tiga negara tersebut juga merupakan mitra strategis Indonesia dan ASEAN pada saat kita berbicara mengenai masalah kawasan," tukas Retno.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas