Tribun Bisnis

Harga Bensin Penyumbang Terbesar Laju Inflasi Oktober 2022

Laju inflasi bulan Oktober 2022 mencapai 5,71 persen secara tahunan atau year on year (YoY).

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Harga Bensin Penyumbang Terbesar Laju Inflasi Oktober 2022
TRIBUN JABAR/Gani Kurniawan
Pengendara roda dua antre mengisi motornya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). Kenaikan harga bensin dan tarif angkutan kota menjadi penyumbang tertinggi laju inflasi bulan Oktober 2022. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Laju inflasi bulan Oktober 2022 mencapai 5,71 persen secara tahunan atau year on year (YoY).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, laju inflasi ini mengalami penurunan 0,24 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar 5,95% yoy.

“Kalau September lalu inflasi kita 5,95% yoy, pada Oktober 5,71% yoy,” tutur Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam konferensi pers, Selasa (1/10).

Setianto mengatakan, tekanan inflasi yang terlihat melemah ini tertinggi disumbang oleh beberapa komoditas seperti bensin, tarif angkatan dalam kota, tarif kendaraan antar kota dan tarif kendaraan online, serta bahan bakar rumah tangga.

Sementara, jika dilihat berdasarkan kota di Indonesia. Dari 90 kota yang BPS pantau, laju inflasi di sebagian besar kota mulai melemah.

Baca juga: Inflasi Eropa Tertinggi Sepanjang Masa: Berikan Tekanan ke Bank Sentral, Risiko Resesi Kian Menyebar

Inflasi di Sumatera tertinggi berada di Kota Padang sebesar 7,92%, di Jawa tertinggi di serang 7,54%, di Bali Nusra tertinggi di Kupang inflasi 8,06%, dan Kalimantan tertinggi di Tanjung Selor 9,11%.

Laporan Reporter: Siti Masitoh | Sumber: Kontan

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas