Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Badan Pesawat SAM Air Ditemukan, Kondisi Awak dan Penumpang Belum Diketahui

SAM Air telah meminta bantuan kepada Pesawat Susi Air dengan registrasi PK-VVK, untuk membantu melakukan pencarian posisi

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Badan Pesawat SAM Air Ditemukan, Kondisi Awak dan Penumpang Belum Diketahui
Tribun-Papua.com/Istimewa
Pesawat caravan PK-SMW milik PT Semuwa Aviasi Mandiri atau SAM Air dikabarkan hilang kontak di wilayah Mabualem, Distrik Welarek, Kabupaten Yalimo, Papua Tengah, Jumat (23/6/2023). Kondisi terakhir ditemukan terbakar di hutan belantara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melaporkan pesawat milik PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air yang hilang kontak di Papua, telah ditemukan.

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Dirjen Perhubungan Udara, Mokhamad Khusnu mengatakan, pesawat charter tersebut membawa 4 pax dengan rute penerbangan Elelim (ELR) – Lapangan Terbang Poik (POI) pp.

Baca juga: Ini Identitas Pilot, Copilot hingga 4 Penumpang Pesawat SAM Air yang Jatuh di Papua

Meski begitu, kata Khusnu kondisi para awak dan penumpang masih belum diketahui.

"Pesawat PK – SMW telah ditemukan oleh Pesawat Heli milik PT. Intan Angkasa, untuk kondisi awak dan penumpang belum di ketahui. Besok akan dilakukan evakuasi ke lokasi jatuhnya pesawat," ujar Khusnu saat dihubungi Tribunnews, Jumat (23/6/2023).

Khusnu mengatakan, Ditjen Hubud melalui Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke telah melakukan koordinasi secara intens dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Elelim, PT. SAM AIR, Airnav Basarnas dan stakeholder penerbangan lainnya.

"Pihak PT. SAM Air telah meminta bantuan kepada Pesawat Susi Air dengan registrasi PK-VVK, untuk membantu melakukan pencarian posisi dan kondisi pesawat di area sekitar Lapter Poik," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Adapun pesawat PK - SMW take off dari Bandara Elelim (Actual Time Departure/ATD) pukul 01.53 UTC atau 10.53 WIT) terbang menuju Lapangan Terbang (Lapter) Poik.

Pesawat itu diperkirakan mendarat (Estimate Time Arrival/ETA) pukul 02.06 UTC atau 11.06 WIT.

Setelah lepas landas, 8 menit kemudian pesawat mengalami Lost Contact pada posisi S3° 52’ 43.67” E139° 27’ 16.07”.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas