Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

QRIS Lintas Batas ASEAN Bakal Masuk Filipina Jepang hingga Hongkong

Legacy Lead of ASEAN QR Code Pandu Sjahrir menyampaikan, penggunaan ASEAN QR Code bakal menyasar pada Filipina

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in QRIS Lintas Batas ASEAN Bakal Masuk Filipina Jepang hingga Hongkong
Nitis Hawaroh/Tribunnews.com
Legacy Lead of ASEAN QR Code Pandu Sjahrir dalam ASEAN Business and Investment Summit di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Legacy Lead of ASEAN QR Code Pandu Sjahrir menyampaikan, penggunaan ASEAN QR Code bakal menyasar pada Filipina dan dua negara Asia Timur yaitu Jepang dan Hongkong.

Pandu bilang, nantinya masyarakat Indonesia yang berada di tiga negara tersebut bisa menggunakan pembayaran QR code melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).




"Negara tadi yang kita sudah sebut, kita sekarang sedang berbicara dengan Filipina. Kita juga sedang berbicara dengan ASEAN Plus, jadi salah satu negara adalah Jepang dan juga Hongkong," ujar Pandu kepada awak media di Hotel Sultan, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Cara Transfer Uang dengan QRIS, Ini Biaya Transaksinya

Fasilitas pembayaran lintas batas ini memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi. Kata Pandu, pembayaran bisa dilakukan hanya menggunakan handphone.

"I think dari sisi spirit semuanya ingin melaksanakan. Jadi bagus mereka merasa bahwa adopsi digital very positif karena mereka akan lihat lebih banyak cross border transaction. Dan juga untuk orang bisa datang ke negara-negara tersebut semua melalui payment pake HP,"

Adapun terkait penerapannya, Pandu enggan membeberkan lebih lanjut. Namun, dia memastikan seluruh infrastruktur sudah dinyatakan siap.

BERITA TERKAIT

"Dari sisi infrastruktur payment karena kita mulai Business to Consumer atau B2C dulu consumer pembayarannya, buat konsumsi jadi poin simple menurut saya," jelasnya.

Asal tahu saja, ASEAN QR Code merupakan salah satu proyek warisan dari ASEAN. Proyek ini bertujuan untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas.

Baca juga: Melalui Pesta Rakyat Simpedes 2023, BRI Edukasi Penggunaan QRIS BRI ke Para Pedagang di Yogyakarta

Sehingga memudahkan UMKM untuk memperluas basis pelanggannya dan menjangkau pasar baru di kawasan dengan mengurangi biaya transaksi dan risiko nilai tukar mata uang asing.

Inisiatif ini akan membuka peluang baru bagi dunia usaha dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital di kawasan ASEAN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas