Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Saat Acara Dekranas, Wury Maruf Amin Dorong Perluasan Pasar dan Kualitas Produk Kriya RI

Pameran Kriyanusa 2024 mengusung tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya, dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Saat Acara Dekranas, Wury Maruf Amin Dorong Perluasan Pasar dan Kualitas Produk Kriya RI
Bambang Ismoyo
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin saat Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 yang digagas Dekranas di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/08/2024) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mendorong produk-produk kerajinan tangan atau kriya asli Indonesia, dapat mendunia. Tak hanya di pasar Tanah Air, namun juga ke kancah global.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 yang digagas Dekranas di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/08/2024).




"Pameran Kriyanusa telah menjadi salah satu ajang yang dinantikan setiap tahunnya, baik oleh para perajin maupun masyarakat luas," ungkap Wury yang juga merupakan Istri dari Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

Baca juga: Inacraft 2024 Resmi Dibuka, Menkop UKM: Peluang Bagi Perajin Kriya Menguasai Pasar Dalam Negeri

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar bagi para perajin mendorong peningkatan kualitas produk dan memperluas pasar," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa seni kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa.

Oleh karena itu, Ketum Dekranas menekankan peran generasi muda dalam upaya pewarisan budaya nasional.

BERITA TERKAIT

"Generasi muda ini adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan perubahan zaman," tegasnya.

Wury berharap Pameran Kriyanusa 2024 dapat menjadi sarana perajin muda memamerkan karya yang dimiliki dan saling berkolaborasi.

"Kami berharap dapat memberikan platform bagi perajin muda untuk menampilkan karya-karya mereka, belajar dari satu sama lain, dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan," ungkapnya.

Sementara, Ketua Panitia Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga menyatakan Dekranas telah memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 orang perajin muda.

"Dekranas memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 perajin muda sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Dekranas kepada pembinaan perajin muda dari seluruh Indonesia dan implementasi dari salah satu pokok program kerja Dekranas yaitu mendorong adanya regenarasi perajin," jelasnya.

Pameran Kriyanusa 2024 merupakan salah satu wujud nyata upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya. Menurut Ibu Yanti Isfandiary Airlangga upaya itu mencakup mendorong penciptaan, pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur atas partisipasinya sebagai ikon Kriyanusa 2024," ujarnya.

Pameran Kriyanusa 2024 mengusung tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya, dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur.

Pameran Kriyanusa juga dimeriahkan dengan workshop, fashion show, talkshow, pentas seni, dan tarian dari berbagai daerah, serta pertunjukan musik dari sejumlah artis nasional.

Pameran Kriyanusa 2024 berlangsung dari 28 Agustus sampai dengan 1 September 2024 di Hall A dan B Jakarta Convention Center. Pameran ini dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis tanpa biaya tiket masuk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas