Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menteri Teten Masduki Sebut Selama Ini UMKM Jadi Tulang Punggung Perekonomian Tapi Kerap Dilupakan

UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, namun keberadaannya sering dikesampingkan.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menteri Teten Masduki Sebut Selama Ini UMKM Jadi Tulang Punggung Perekonomian Tapi Kerap Dilupakan
HO
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, namun keberadaannya sering dikesampingkan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengungkapkan empat langkah strategis demi mengembangkan koperasi dan UMKM.

Menteri Teten menyimpulkan empat upaya strategis yang perlu dilakukan oleh masing-masing pemangku kepentingan dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

"Dengan memperkuat pendampingan dan perlindungan, agar mereka memiliki kapasitas dan daya saing yang lebih kuat dalam menghadapi dinamika pasar," ujarnya di Tangerang, Selasa (8/10/2024).

Kemudian, ucap Teten, memastikan akses pembiayaan, teknologi, dan pasar yang lebih luas, sehingga koperasi dan UMKM dapat berkembang dengan lebih baik dan memperluas jaringan bisnisnya.

Baca juga: Dorong Industri Kerajinan Go Global, Pegadaian Hadirkan UMKM Binaan di Inacraft 2024

Selanjutnya membangun kolaborasi lintas sektor dengan melibatkan dinas, lembaga pemerintah, dunia usaha, dan institusi pendidikan untuk menciptakan ekosistem UMKM yang solid dan sinergis.

"Terakhir yang tak kalah pentingnya adalah mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMKM melalui peningkatan kualitas produk, adopsi teknologi digital, dan efisiensi rantai pasok," kata Teten.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, Teten meminta agar praktik baik yang telah dilakukan KemenKopUKM dapat dilanjutkan. 

Menurutnya UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, namun keberadaannya sering dikesampingkan. 

"UMKM kita betul-betul menjadi backbone ekonomi, dari angka statistik dan kontribusi terhadap PDB hingga ke penyediaan lapangan kerja itu berasal dari UMKM, tapi getirnya UMKM hanya dipuji dari sisi resiliensinya saja, setelah itu dilupakan," tutur Teten.

Di akhir masa jabatannya,  Teten berharap agar keberadaan UMKM tidak hanya sekadar menjadi bumper bagi perekonomian namun benar-benar menjadi bagian konkret dari perbaikan struktur perekonomian nasional.

Oleh karena itu adopsi teknologi, modernisasi bisnis proses dan kemudahan akses pembiayaan menjadi bagian penting dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

"Jadi mari bersama-sama mendorong koperasi sebagai entitas bisnis untuk mengagregasi UMKM agar mereka tidak lagi berusaha sendiri-sendiri," kata Teten.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas