Tribun

Virus Corona

Panglima TNI: Perang Semesta Lawan Covid-19 Butuh Keseriusan, Dedikasi, dan Koordinasi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan perang semesta terhadap Covid-19 membutuhkan keseriusan, dedikasi, dan koordinasi.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Panglima TNI: Perang Semesta Lawan Covid-19 Butuh Keseriusan, Dedikasi, dan Koordinasi
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Lemdiklat Polri Lembang Jawa Barat pada Rabu (27/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan perang semesta terhadap Covid-19 membutuhkan keseriusan, dedikasi, dan koordinasi.

Hal tersebut diungkapkan Panglima TNI saat memberi pembekalan akhir kepada Peserta Didik Sespimti, Sespimmen, dan Sespimma Polri, di Lemdiklat Polri, Lembang, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

Hadi menjelaskan sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa beragam permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diselesaikan dengan persatuan dan sinergi di antara segenap komponen bangsa.

Ia pun mengajak hadirin yang hadir berbangga bahwasanya TNI dan Polri adalah dua institusi yang menjadi ujung tombak sinergi tersebut.

Karena itu, ia berpesan agar para perwira tetap menjaga semangat persatuan, sinergi, dan kebersamaan dalam menjalankan tugas di masa mendatang.

Baca juga: Sandiaga Uno: Hadirnya Esports Di Tengah Covid-19 Berdampak Positif Bidang Game

"Perang semesta terhadap Covid-19 membutuhkan keseriusan, dedikasi dan koordinasi di antara TNI, Polri, Kementerian dan Lembaga serta segenap stakeholder lainnya," kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI, Rabu (27/10/2021).

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi bangsa Indonesia membutuhkan semangat persatuan dan sinergi agar dampak kesehatan, dampak sosial, dan ekonomi yang ditimbulkan dapat segera dipulihkan.

Ia menegaskan dengan organisasi yang solid dan personel yang mumpuni, TNI-Polri diharapkan menjadi penjuru dalam menjawab tantangan yang dihadapi di tanah air.

Baca juga: Epidemiolog Sebut Aturan Tes PCR Berlaku 3x24 Jam Lebih Berisiko Penularan Covid-19

“Tak terkecuali para Perwira di hadapan saya yang akan mengisi jabatan di berbagai level untuk menjadikan Polri sebagai organisasi modern pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sekaligus pemersatu bangsa,” kata dia.

Hadi mengucapkan selamat kepada para Perwira yang telah mampu menyelesaikan seluruh tuntutan pendidikan dan juga para Perwira yang telah berhasil meraih prestasi, baik di bidang akademis, kesamaptaan, maupun prestasi lainnya.

Ia juga menekankan kepada para perwira siswa dari TNI agar semakin meningkatkan soliditas di medan penugasan.

Hadi juga berpesan kepada mereka untuk menggunakan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh untuk keberhasilan setiap tugas.

Baca juga: Update Covid-19 Global Rabu 27 Oktober 2021: Kasus Aktif Indonesia Turun Lagi, Kini di Urutan ke-88

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan Polri dan seluruh Sivitas Akademika Lemdiklat Polri yang telah memastikan pendidikan berjalan dengan baik serta atas kerja sama dengan Lembaga Pendidikan TNI yang telah terjalin,” kata dia.

Usai memberikan pembekalan kepada peserta didik Sespimti, Sespimmen, dan Sespimma Polri, Hadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan penandatanganan prasasti Monumen Garuda Fight 30.

Hadi dan Listyo kemudian melepas secara simbolis keberangkatan kendaraan yang mengangkut bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan meninjau serbuan vaksinasi di gedung Pancasila, Lemdiklat Polri.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas