Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Trend Kenaikan Kasus Aktif Covid-19 Masih Terjadi, Tingkat Mobilitas Makin Tinggi

Kondisi kasus aktif Covid-19 yang terus mengalami kenaikan ini, trend mobilitas meskipun flukluatif mencapai level tertinggi.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Trend Kenaikan Kasus Aktif Covid-19 Masih Terjadi, Tingkat Mobilitas Makin Tinggi
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah kendaraan saat melintas di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (29/1/2022). Pemerintah meminta warga mengurangi mobilitas guna menekan risiko penularan Covid-19 setelah angka kasus infeksi SARS-CoV-2 nasional bertambah menjadi 9.905 pada Jumat (28/1). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kondisi kasus aktif Covid-19 yang terus mengalami kenaikan ini, trend mobilitas meskipun flukluatif mencapai level tertinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito.

Bahkan ia menyebutkan jika tingkat mobilitas saat ini tertinggi sejak awal pandemi Covid-19.

Baca juga: Komisi III DPR Minta Jajaran Polisi Jalankan Instruksi Kapolri Kendalikan Penyebaran Covid-19

Baca juga: Jakarta Naik Level 3 PPKM, Anies: Kurangi Mobilitas dan Acara Digelar Virtual

"Bahkan tertinggi sejak awal pandemi. Utamanya di pusat belanja, ritel, rekreasi dan taman tingkat mobilitas setara Idul Fitri 2021 silam yang terjadi tepat sebelum lonjakan kasus kedua," paparnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/2/2022).

Sementara mobilitas di perkantoran dan transportasi publik justru lebih tinggi dibandingkan masa sebelum lonjakan kedua.

Aparat Kepolisian membubarkan warga yang berkumpul saat pemberlakuan Crowd Free Night di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (31/12/2021). Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian mobilitas Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam tahun baru 2022 yang berlangsung mulai pukul 22.00 - 04.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Aparat Kepolisian membubarkan warga yang berkumpul saat pemberlakuan Crowd Free Night di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (31/12/2021). Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian mobilitas Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam tahun baru 2022 yang berlangsung mulai pukul 22.00 - 04.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Meski pun minggu lalu trend mobilitas menunjukkan penurunan, level mobilitas masih tinggi, menurut Wiku membutuhkan kewaspadaan.

BERITA TERKAIT

Terlebih pula, provinsi penyumbang di Jawa Bali sebagian besar wilayah aglomerasi dengan mobilitas wilayah yang tinggi pula.

"Mobilitas yang tinggi ini tidak semata perlu ditekan, tapi perlu dikendalikan dan dipastikan bahwa fasilitas yang ada dilakukan dengan aman," kata Wiku menambahkan.

Pemerintah membuka kedatangan wisatawan asal Singapura ke kawasan Batam dan Bintan dengan mekanisme travel bubble.
Pemerintah membuka kedatangan wisatawan asal Singapura ke kawasan Batam dan Bintan dengan mekanisme travel bubble. (Covid19.go.id)

Memastikan mobilitas aman bisa dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yaitu 3M, melakukan scanning ketat, baik melalui tes syarat perjalanan maupun lewat aplikasi Peduli Lindungi.

"Menjaga kasus yang tinggi tidak keluar dan meluas, sama menjaga wilayah lain yang belum naik. Ingat yang terpenting tidak memberi ruang untuk terjadi penularan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas