Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebuah Toko Buat Cap Saja di Jepang Penghasilan Hampir 100 Juta Yen Setahun

Semua orang menggunakan cap di Jepang sebagai pengganti tandatangan di mana pun, apalagi di bank maupun kontrak rumah dan sebagainya.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Sebuah Toko Buat Cap Saja di Jepang Penghasilan Hampir 100 Juta Yen Setahun
Richard Susilo
Kenichi Shiroyama pemilik usaha Shiroyama Hakubunko Co.Ltd di Osaka serta hanko ciptaannya. 

 Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebuah toko cap, biasa disebut hanko atau inkan di Jepang, pendapatannya 5 kali lipat melonjak per tahun 2015, dari 5,5 juta yen menjadi 27,8 juta yen. Kini lebih melonjak lagi menjadi sekitar 100 juta yen setahun, pesanan menunggu 3,5 bulan.

"Benar pesanan sekitar 1500 orang menunggu tiga setengah bulan baru bisa dikirimkan nanti, karena semuanya buatan tangan," papar Kenichi Shiroyama pemilik toko dan perusahaan Shiroyama Hakubunko Co.Ltd khusus kepada Tribunnews.com Kamis ini (24/10/2019).




Semua orang menggunakan cap di Jepang sebagai pengganti tandatangan di mana pun, apalagi di bank maupun kontrak rumah dan sebagainya.

"Dulu tahun 2015 karena penghasilan terus menurun, saya coba cari tahu apa yang bisa dilakukan supaya penghasilan meningkat. Kebetulan juga Neko boom (Red: Popularitas kucing meningkat) sehingga muncul ide memasukkan gambar kucing ke dalam cap tersebut," tambahnya.

Tak lama kemudian muncul twitter yang semakin luas memunculkan cap buatan Shiroyama  tersebut dan tak lama kemudian sekitar dua minggu pesanan bertubi-tubi mulai datang.

"Kaget juga saya dan jadi semakin sibuk karena ini pekerjaan tangan sendiri, order made. Kini yang pesan harus menunggu tiga bulan setengah karena antri banyak sekali yang pesan saat ini," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Perusahaannya yang berdiri Januari 1963 dengan modal 10 juta yen tersebut, kini ramai sekali dibicarakan orang dengan Nyankan (Nyan: kucing Kan: cap) yang dibuatnya.

"Saya sudah siapkan tiga desain baru lagi, tapi nantilah kalau sudah agak senggang sekarang sibuk luar biasa melayani banyak sekali pesanan."

Mengingat karya pekerjaan tangan, pesanan kita pun bisa saja diterimanya, misalnya ingin dimasukkan karakter anjing atau monyet ke dalam cap tersebut, bukan menjagi hambatan baginya.

Harga satu cap paling murah 4000 yen. Paling mahal selama ini berharga 52.570 yen sebuah cap karena ukuran bahan dan desain yang berneda sesuai si pemesan.

Nilai tersebut belum termasuk kotak cap yang biasanya juga dimiliki semua orang untuk melindungi cap agar tidak rusak dimasukkan ke dalam kotak cap (hako).

Sampai saat ini sudah ada pesanan dari Korea China dan Taiwan, tetapi Shiroyama tidak melayani pengiriman ke luar negeri.

Meskipun demikian ada pesanan orang asing di dalam Jepang yang juga sudah pernah dibuatnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas