Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Finlandia Tawarkan Vaksin 'Semprotan Hidung' yang Diklaim Tanpa Risiko Pembekuan Darah

Finlandia menawarkan versi vaksin 'masa depan' yang diklaim dapat memberikan perlindungan efektif terhadap strain Delta dan Delta Plus virus corona

Finlandia Tawarkan Vaksin 'Semprotan Hidung' yang Diklaim Tanpa Risiko Pembekuan Darah
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19 secara door to door di RW 01 Sunter Jakarta Utara, Senin (16/8/2021). Vaksinasi dengan mendatangi langsung ke rumah warga tersebut dilakukan sebagi upaya percepatan vaksin untuk warga lansia dan yang mengalami kelumpuhan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, HELSINKI - Finlandia menawarkan versi vaksin 'masa depan' yang diklaim dapat memberikan perlindungan efektif terhadap strain Delta dan Delta Plus virus corona (Covid-19) yang diketahui lebih mudah dan cepat menular serta telah menyebar di seluruh dunia.

Menariknya, vaksin ini disebut tidak seperti beberapa vaksin yang populer sebelumnya, karena diyakini tidak menimbulkan efek samping berupa risiko pembekuan darah.

"Susunan 'vaksin semprotan hidung' virus corona yang saat ini sedang dikembangkan di Finlandia telah dimodifikasi untuk meningkatkan perlindungan terhadap varian Covid-19 yang umum," kata pengembangnya.

Dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (2/9/2021), gagasan dibalik pengembangan vaksin masa depan ini adalah karena adanya potensi untuk menciptakan perlindungan yang lebih efektif terhadap virus corona melalui saluran pernafasan bagian atas dan hidung.

Oleh karena itu, maka vaksin ini akan digunakan melalui bagian tubuh satu ini.

Versi vaksin yang diperbaharui ini tidak hanya akan memberikan perlindungan efektif terhadap varian Delta yang lebih menular derta Delta Plus yang lebih baru dan mulai berkembang di seluruh dunia.

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Thailand Bakal Uji Coba Vaksin Covid-19 Semprotan Hidung pada Manusia

Namun juga dapat berfungsi sebagai booster bagi orang-orang yang sebelumnya telah mendapatkan perlindungan terhadap virus itu.

"Tujuannya adalah untuk menawarkan kekebalan seluas mungkin terhadap beberapa varian virus yang berbeda," kata pemimpin proyek vaksin ini yang juga seorang Profesor Virologi di Universitas Helsinki, Kalle Saksela.

Vaksin Finlandia ini akan bekerja menggunakan cara yang mirip dengan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh AstraZeneca dan Johnson & Johnson, namun diberikan melalui hidung, bukan jarum suntik.

Selain itu, vaksin ini didasarkan pada adenovirus yang tidak berbahaya, yaitu virus flu biasa yang dimodifikasi sehingga tidak dapat bereplikasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas