Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Migran Haiti Kabur hingga Nekat Naik Lagi ke Pesawat saat Dipulangkan ke Negaranya

Proses deportasi ribuan migran Haiti dari AS diwarnai kekacauan. Migran masuk kembali ke pesawat dan lemparkan sepatu karena tidak ingin dipulangkan.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Migran Haiti Kabur hingga Nekat Naik Lagi ke Pesawat saat Dipulangkan ke Negaranya
AFP/PAUL RATJE
Agen Patroli Perbatasan Amerika Serikat yang menunggang kuda mencoba menghentikan migran Haiti memasuki perkemahan di tepi Rio Grande dekat Jembatan Internasional Acuna Del Rio di Del Rio, Texas pada 19 September 2021. Penegakan hukum AS berusaha untuk menutup titik penyeberangan di sepanjang sungai Rio Grande tempat para migran menyeberang untuk mendapatkan makanan dan air, yang langka di perkemahan. Amerika Serikat mengatakan Sabtu akan meningkatkan penerbangan deportasi bagi ribuan migran yang membanjiri kota perbatasan Texas Del Rio, ketika pihak berwenang berjuang untuk meringankan krisis yang berkembang bagi pemerintahan Presiden Joe Biden. AFP/PAUL RATJE 

TRIBUNNEWS.COM - Proses deportasi ribuan migran Haiti dari AS diwarnai sejumlah kekacauan.

Pada Selasa (21/9/2021), para migran di Bandara Internasional di Port-au-Prince, Haiti masuk kembali ke dalam pesawat.

Bahkan beberapa orang melemparkan sepatunya ke arah badan pesawat.

Mulai akhir pekan lalu, AS menerbangkan migran asal Haiti dari Texas.

Langkah ini dilakukan setelah muncul laporan ada 13.000 orang berkumpul di bawah jembatan yang menghubungkan Del Rio di Texas ke Ciudad Acua di Meksiko.

Terpisah, ada laporan ribuan orang yang kebanyakan berasal dari Haiti terdampar di perbatasan antara Kolombia dan Panama.

Baca juga: Berita Foto : Melihat Upaya Imigran Haiti Menghindari Deportasi AS

Baca juga: Perdana Menteri Haiti Pecat Jaksa yang Menuduhnya Terlibat Pembunuhan Presiden Jovenel Moise

Imigran, sebagian besar dari Haiti berkumpul di tepi Rio Grande pada 19 September 2021 di Ciudad Acuna, Meksiko, di seberang perbatasan dari Del Rio, Texas. Ketika otoritas imigrasi AS mulai mendeportasi imigran kembali ke Haiti dari Del Rio, ribuan lainnya menunggu di sebuah kamp di bawah jembatan internasional di Del Rio dan yang lainnya menyeberangi sungai kembali ke Meksiko. John Moore/Getty Images/AFP
Imigran, sebagian besar dari Haiti berkumpul di tepi Rio Grande pada 19 September 2021 di Ciudad Acuna, Meksiko, di seberang perbatasan dari Del Rio, Texas. Ketika otoritas imigrasi AS mulai mendeportasi imigran kembali ke Haiti dari Del Rio, ribuan lainnya menunggu di sebuah kamp di bawah jembatan internasional di Del Rio dan yang lainnya menyeberangi sungai kembali ke Meksiko. John Moore/Getty Images/AFP (Getty Images via AFP/JOHN MOORE)

Dilansir BBC, kekacauan terjadi di Bandar Udara Internasional Toussaint Louverture karena seorang pria berusaha naik kembali ke pesawat yang ditumpanginya.

BERITA REKOMENDASI

Namun usaha pria ini gagal karena awak pesawat langsung menutup pintu masuk.

Rekaman video di bandara menunjukkan orang-orang berebut barang-barang pribadi setelah tas mereka dibuang keluar dari pesawat.

Ada laporan bahwa beberapa migran tidak diberitahu bahwa mereka akan kembali ke Haiti.

Menurut pernyataan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS), ada dua insiden terpisah di bandara pada Selasa lalu.

Sebuah sumber mengatakan kepada NBC News bahwa pilot di salah satu penerbangan diserang saat tiba di Haiti dan tiga petugas imigrasi AS juga terluka.

Dalam insiden terpisah di Texas, sekelompok warga Haiti dilaporkan melawan agen Patroli Perbatasan dan berusaha melarikan diri setelah tahu bahwa mereka dideportasi.

Seorang ayah berasal dari Haiti yang kelelahan menggendong putranya di sisi Meksiko Rio Grande dari Del Rio, Texas pada 19 September 2021 di Ciudad Acuna, Meksiko. Otoritas imigrasi AS mulai mendeportasi imigran kembali ke Haiti dari Del Rio, ribuan lainnya menunggu di sebuah kamp di bawah jembatan internasional di Del Rio dan yang lainnya menyeberangi sungai kembali ke Meksiko.  John Moore/Getty Images/AFP
Seorang ayah berasal dari Haiti yang kelelahan menggendong putranya di sisi Meksiko Rio Grande dari Del Rio, Texas pada 19 September 2021 di Ciudad Acuna, Meksiko. Otoritas imigrasi AS mulai mendeportasi imigran kembali ke Haiti dari Del Rio, ribuan lainnya menunggu di sebuah kamp di bawah jembatan internasional di Del Rio dan yang lainnya menyeberangi sungai kembali ke Meksiko. John Moore/Getty Images/AFP (Getty Images via AFP/JOHN MOORE)

"Ketika para migran mengetahui bahwa mereka akan dikirim kembali ke Haiti, mereka mengambil bus dan mereka melarikan diri," jelas Brandon Judd, Presiden Dewan Patroli Perbatasan Nasional pada Selasa.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas