Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

70 Warga Korea Selatan Positif Covid-19, Peserta Pameran Dagang Teknologi di Las Vegas

Otoritas Kesehatan Korea Selatan menyatakan sekitar 70 orang warganya, yang menghadiri pameran dagang teknologi CES di Las Vegas, positif Covid-19

Editor: hasanah samhudi
zoom-in 70 Warga Korea Selatan Positif Covid-19, Peserta Pameran Dagang Teknologi di Las Vegas
AFP
Seorang peserta berada di stan perusahaan SOS LAB yang berbasis di Korea Selatan selama Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada Kamis (6/1/2022). Korea Selatan melaporkan 70 warganya yang menghadiri acara CES terinfeksi Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Otoritas Kesehatan Korea Selatan mengatakan Rabu (12/1/2022) bahwa  sekitar 70 warga negara itu yang menghadiri pameran dagang teknologi raksasa CES di Las Vegas pekan lalu dinyatakan positif Covid-19.

Sumber industri dan sebuah perusahaan menyebutkan, di antara warga Korea Selatan itu terdapat sejumlah eksekutif dan staf perusahaan besar di negara itu.

Sumber itu menyebutkan, sekitar 20 orang dari Samsung Electronics dan sekitar enam di SK Group termasuk di antara mereka yang dites positif terkena virus setelah menghadiri Consumer Electronics Show (CES).

SK Group adalah induk dari perusahaan energi SK Innovation dan pembuat chip SK Hynix.

Kasus-kasus tersebut berisiko memberikan pukulan bagi pengendalian Covid-19 di Korea Selatan.

Baca juga: Korsel Setujui Pengobatan Oral Pil Pertama Covid-19

Baca juga: Selandia Baru Berlakukan Hidup Baru Dengan Covid-19, Korsel Lakukan Pendidikan Tatap Muka Penuh

Negara ini baru saja menurunkan jumlah infeksi harian dari rekor tertinggi pada bulan Desember dengan memberlakukan kembali aturan jarak sosial yang ketat dan secara luas mengadopsi paspor vaksin di lokasi publik.

Hyundai Heavy Industries mengatakan enam karyawannya yang menghadiri CES dinyatakan positif saat berada di AS dan dikarantina, dan beberapa telah dibebaskan sejak itu.

BERITA TERKAIT

Surat kabar Korea Selatan, JoongAng Ilbo melaporkan bahwa banyak pejabat Hyundai Motor dan Hyundai Mobis yang menghadiri CES juga dinyatakan positif setelah tiba kembali di Korea Selatan.

Surat kabar itu mengutip sumber industri yang tidak disebutkan namanya tanpa menyebutkan jumlah pasti kasus.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea menyebutkan bahwa sekitar 70 peserta, semuanya warga negara Korea Selatan, telah dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Uji Coba Roket Korsel Picu Perlombaan Senjata dengan Korut

Baca juga: Empat Hari Pameran GIIAS 2021, All New Xenia Laris Dipesan oleh Pengunjung

Disebutkan juga bahwa sekitar 340 perusahaan Korea Selatan berpartisipasi dalam CES.

“Banyak pengusaha Korea yang menghadiri CES ... sekarang dipastikan terinfeksi Covid-19," kata Son Young-rae, seorang pejabat senior Kementerian Kesehatan Korea Selatan, dalam keterangan perasnya.

“Kami segera menghubungi pihak-pihak yang mengikuti acara tersebut dan melakukan penyelidikan epidemiologi, namun kami mengimbau kepada pengusaha dalam negeri atau mereka yang berada di Korea yang menghadiri acara tersebut untuk segera menjalani tes PCR,” ujarnya.

Surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo melaporkan bahwa sebagian besar pejabat Samsung yang dites positif telah diterbangkan kembali ke Korea dari Nevada dalam dua penerbangan sewaan, tiba pada Selasa(11/1/2022) malam waktu Seoul.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas