Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buntut Invasi di Ukraina, Italia Sita Properti Mewah dan Kapal Pesiar Milik Oligarki Rusia

Upaya ini juga dilakukan untuk menekan serta memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin agar menarik pasukannya dari Ukraina

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Buntut Invasi di Ukraina, Italia Sita Properti Mewah dan Kapal Pesiar Milik Oligarki Rusia
AFP/-
Gambar selebaran yang dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina ini, menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di gedung departemen kepolisian regional Kharkiv, yang dikatakan dilanda penembakan baru-baru ini, di Kharkiv pada 2 Maret 2022. Buntut Invasi di Ukraina, Italia Sita Properti Mewah dan Kapal Pesiar Milik Oligarki Rusia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polisi Italia menyita vila dan kapal pesiar senilai 143 juta euro dari 5 orang terkenal asal Rusia yang masuk ke dalam daftar sanksi terkait dengan serangan Rusia terhadap Ukraina.

Operasi polisi diketahui sebagai bagian dari upaya terkoordinasi oleh negara-negara Barat, yang memberikan sanksi kepada orang kaya Rusia.

Upaya ini juga dilakukan untuk menekan serta memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin agar menarik pasukannya dari Ukraina.

Baca juga: Harga Emas Dunia Mengalami Kenaikan Imbas Konflik Rusia-Ukraina

Melansir dari Reuters.com, Minggu (6/3/2022) vila mewah ini, terletak di beberapa lokasi real estat bergengsi di Italia yaitu Pulau Sardinia, di tepi Danau Como dan di Tuscany. Sementara untuk dua superyacht berada di pelabuhan utara.

Menurut daftar yang dikeluarkan oleh kantor Perdana menteri Italia, Mario Draghi menyebutkan aset berharga yang disita ini termasuk kapal pesiar sepanjang 65 meter yang kini berada di tangan polisi.

Kapal pesiar ini disebut Lady M, milik orang terkaya di Rusia Alexey Mordashov. Diperkirakan harga kapal ini yaitu 65 juta euro dan disita di pelabuhan Imperia, Italia.

BERITA REKOMENDASI

Kapal mewah kedua, bernama Lena disita di pelabuhan terdekat kota Sanremo, Italia. Kapal seharga 50 juta euro ini dimiliki oleh salah satu orang yang disebut Putin sebagai rekan dekatnya, yaitu Gennady Timchenko.

Sedangkan pengusaha dan miliarder, Alisher Usmanov memiliki vila senilai 17 juta euro yang disita di pulau Mediterania Sardinia. Sedangkan salah satu anggota parlemen Rusia, Oleg Savchenko yang diketahui memiliki rumah bergaya abad ke-17 di dekat kota Lucca, Italia senilai sekitar 3 juta euro, juga ikut disita.

Baca juga: UPDATE: PM Israel Temui Putin dan Zelenskyy, Trump Memihak Rusia, 1,3 Juta Orang Ukraina Mengungsi

Tak hanya itu, sejumlah properti yang dirahasiakan, milik salah satu pembawa acara TV pemerintah Vladimir Solovyov senilai 8 juta euro ikut disita di sekitar daerah Como, Italia. Properti ini disita, setelah sang pemilik mengeluh pada bulan lalu di televisi Rusia, saat ia mengetahui bahwa vila miliknya yang ada di Italia berisiko akan disita.

Vila dan Aset Oligarki Rusia jadi sasaran empuk penyitaan

Oligarki Rusia diketahui membeli banyak vila di Italia selama 20 tahun terakhir, kemungkinan akan ada banyak aset lainnya yang disita dalam beberapa hari mendatang.

Konglomerat logam dan telekomunikasi kelahiran Uzbekistan, Alexey Mordashov terkenal memiliki banyak properti di Pulau Sardinia.

Baca juga: PBB: Lebih dari 1,3 Juta Warga Ukraina Melarikan Diri Sejak Invasi Rusia Dimulai

Mordashov juga memiliki sebuah vila senilai sekitar 66 juta euro yang berada di pulau yang sama. Majalah Forbes bahkan memperkirakan Alexey Mordashov memiliki kekayaan bersih senilai 29,1 miliar AS dolar sebelum dijatuhkan sanksi.

Koordinator serikat pekerja Italia (CISL) di Sardinia, Mirko Idili memeperingatkan saksi dan larangan pada orang kaya Rusia yang biasanya datang pada musim panas di pulau itu, dapat berdampak negatif terhadap ekonomi pulau tersebut dan membahayakan lebih dari 1.000 pekerjaan.

Sedangkan Bank-bank Italia diperintahkan oleh divisi intelijen keuangan Bank of Italy, untuk segera membekukan aset orang dan entitas Rusia yang berada di daftar sanksi Uni Eropa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas