Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Tengah Invasi Rusia, Upaya Multinasional Pengiriman Senjata AS ke Ukraina Dikebut

Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat Jenderal Mark Milley minggu lalu menuju lapangan terbang yang lokasinya dirahasiakan di dekat perbatasan Ukraina.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Di Tengah Invasi Rusia, Upaya Multinasional Pengiriman Senjata AS ke Ukraina Dikebut
military.com
Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley. Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat Jenderal Mark Milley minggu lalu menuju lapangan terbang yang lokasinya dirahasiakan di dekat perbatasan Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark Milley minggu lalu meninjau lapangan terbang yang lokasinya dirahasiakan di dekat perbatasan Ukraina.

Tempat tersebut telah menjadi pusat pengiriman senjata, kata seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS, seperti dilansir CNN.

Diketahui, sumber tersebut melihat secara langsung upaya multinasional pengiriman senjata ke Ukraina di tengah invasi Rusia.

Pejabat itu menerangkan, saat berada di lapangan terbang, Milley berjumpa dengan pasukan dan personel.

Baca juga: Roskomsvoboda Laporkan Rusia Blokir Situs Berita yang Meliput Perang di Ukraina

Baca juga: Presiden Biden Minta DPR AS Setujui Pencairan Bantuan 10 Miliar Dolar Untuk Ukraina

Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley.
Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley. (military.com)

Dia lantas memeriksa aktivitas pengiriman, jelas pejabat itu pada Jumat (4/3/2022).

Situs ini telah menjadi sarang aktivitas dalam beberapa hari terakhir, mulai dari beberapa penerbangan setiap hari hingga sebanyak 17 penerbangan, kapasitas maksimum lapangan.

Lokasi bandara tetap menjadi rahasia untuk melindungi pengiriman senjata, termasuk rudal anti-armor, ke Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

Militer Rusia belum menargetkan pengiriman ini begitu mereka memasuki Ukraina, kata pejabat itu.

Baca juga: Invasi Rusia ke Ukraina Hari Ke-12, Ini Peristiwa yang Terjadi

Baca juga: POPULER Internasional: Mayjen Rusia Tewas | Helikopter Rusia Hancur Terkena Rudal Pertahanan Ukraina

Prajurit pertahanan teritorial Ukraina, Valery (ke-3) dan Lesya (ke-2), menikah tidak jauh dari pos pemeriksaan di pinggiran Kyiv pada 6 Maret 2022. (Photo by Genya SAVILOV / AFP)
Prajurit pertahanan teritorial Ukraina, Valery (ke-3) dan Lesya (ke-2), menikah tidak jauh dari pos pemeriksaan di pinggiran Kyiv pada 6 Maret 2022. (Photo by Genya SAVILOV / AFP) (AFP/GENYA SAVILOV)

Namun tak dapat ditampik ada beberapa kekhawatiran bahwa Rusia dapat mulai menargetkan pengiriman saat serangannya berlanjut.

Bahkan sebelum invasi Rusia dimulai akhir bulan lalu (24/2/2022), langit di atas Eropa telah dipenuhi dengan pesawat kargo militer AS dan lainnya, terutama C-17, tulang punggung armada pengangkutan udara AS.

Penerbangan telah memposisikan kembali pasukan di sepanjang sayap timur NATO, tetapi juga memindahkan senjata ke titik transfer di mana mereka dapat dikirim ke Ukraina.

Komando Eropa AS (EUCOM) berada di jantung operasi pengiriman besar-besaran, menggunakan jaringan penghubungnya dengan sekutu dan mitra untuk berkoordinasi "di waktu bersamaan" untuk mengirim bahan ke Ukraina, kata seorang pejabat Pertahanan kedua.

Baca juga: Protes Invasi Rusia ke Ukraina, Netflix Hentikan Layanan

Baca juga: Ukraina Dituding Bakal Meledakkan Reaktor Nuklirnya Sendiri lalu Menuduh Rusia Sebagai Pelaku

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. "Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat!" ujar Zelensky dalam jumpa pers. "Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya," katanya. "Percayalah pada saya," tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY (AFP/SERGEI SUPINSKY)

EUCOM juga berkoordinasi dengan negara-negara lain, termasuk Inggris, dalam hal proses pengiriman.

"Untuk memastikan bahwa kami menggunakan sumber daya kami untuk efisiensi maksimum untuk mendukung Ukraina secara terorganisir," tambah pejabat itu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas