Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Menjarah Kendaraan Pertanian Rp 72,6 Miliar dari Ukraina lalu Dikirim ke Chechnya

Rusia menjarah semua peralatan dari sebuah dealer peralatan militer pertanian di Ukraina. Hasil jarahan tersebut kemudian dikirim ke Chechnya.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Miftah
zoom-in Rusia Menjarah Kendaraan Pertanian Rp 72,6 Miliar dari Ukraina lalu Dikirim ke Chechnya
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Seorang wanita menggendong seorang anak di sebelah tentara Rusia di jalan Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia membuat kasus yang menantang untuk perang terhadap tetangga Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia menjarah semua peralatan dari sebuah dealer peralatan militer pertanian di Ukraina.

Hasil jarahan tersebut kemudian dikirim ke Chechnya.

Namun setelah menempuh perjalanan lebih dari 700 mil atau sekitar 1.126 kilometer, para penjarah tidak dapat menggunakan jarahannya karena dikunci dari jarak jauh.

Dikutip dari CNN, selama beberapa minggu terakhir, semakin banyak laporan tentang pasukan Rusia yang menjarah peralatan pertanian, biji-bijian, dan bahkan bahan bangunan.

Tetapi pemindahan peralatan pertanian yang berharga dari dealer John Deere di Melitopol menunjukkan operasi yang semakin terorganisir, yang bahkan menggunakan transportasi militer Rusia sebagai bagian dari penjarahan.

Menurut CNN, peralatan itu telah dipindahkan dari dealer Agrotek di Melitopol, yang telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak awal Maret.

Secara keseluruhan barang-barang jarahan tersebut nilainya hampir 5 juta dolar, atau setara dengan Rp 72,6 miliar, di mana pemaneng gabungan saja pemanen gabungan saja masing-masing bernilai 300.000 dolar atau Rp 4,3 miliar.

BERITA REKOMENDASI

Seorang sumber mengatakan proses penjarahan dimulai dengan mengambil dua mesin pemanen gabungan, sebuah traktor dan sebuah seeder.

Selama beberapa minggu berikutnya, segala sesuatu yang lain telah diambil di semua 27 buah mesin pertanian.

Salah satu truk flat-bed yang digunakan, dan tertangkap kamera, memiliki tulisan "Z" putih di atasnya dan tampak seperti truk militer.

Baca juga: Buntut Rusia Blokade Pelabuhan Laut Hitam, Zelensky Peringatkan Dunia akan Adanya Krisis Pangan

Sumber yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan ada kelompok saingan pasukan Rusia, beberapa akan datang di pagi hari dan beberapa di malam hari.

Beberapa mesin dibawa ke desa terdekat, tetapi beberapa di antaranya memulai perjalanan darat yang panjang ke Chechnya.

Kecanggihan mesin yang dilengkapi GPS membuat perjalanannya bisa terlacak, di mana itu terakhir dilacak ke desa Zakhan Yurt di Chechnya.

Peralatan yang diangkut ke Chechnya, termasuk mesin pemanen gabungan juga dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas