Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapal Induk Cina Liaoning Unjuk Gigi ke Pasifik Barat di Depan Jepang dan AS

Jet tempur berbasis kapal induk J-15 dan helikopter peringatan dini Z-18 melakukan lepas landas dan mendarat dari Liaoning selama pelayaran.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Kapal Induk Cina Liaoning Unjuk Gigi ke Pasifik Barat di Depan Jepang dan AS
Business Insider
Kapal Induk Liaoning 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Kapal induk Liaoning milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menjadi tuan rumah latihan jet tempur di Laut Filipina awal pekan ini.

Kementerian Pertahanan Jepang mengabarkan informasi itu, segera setelah Angkatan Laut PLA mengumumkan kelompok kapal induk tersebut berlayar ke Pasifik Barat untuk misi rutin pelatihan pertempuran laut jauh.

Para ahli militer mengatakan, menjadi tuan rumah latihan jet tempur tepat di depan pasukan Jepang dan berpotensi AS, Angkatan Laut PLA menunjukkan kepercayaannya di tengah kemampuannya yang meningkat.

Selain kapal induk Liaoning, turut dalam pelayaran ini kapal perusak peluru kendali Type 052D Xining, Urumqi dan Chengdu, perusak peluru kendali Type 052C Zhengzhou, fregat peluru kendali Type 054A Xiangtan dan kapal suplai komprehensif Type 901 Hulunhu.

Konvoi kapal itu terlihat berlayar di Laut Filipina, selatan ke Jepang dan timur ke pulau Taiwan. Infiormasi ini dirilis Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Jepang pada Rabu (4/5/2022).

Jet tempur berbasis kapal induk J-15 dan helikopter peringatan dini Z-18 melakukan lepas landas dan mendarat dari kapal induk Liaoning selama perjalanan.

Foto yang dilampirkan pada rilis menunjukkan jet tempur J-15 membawa rudal di bawah sayap mereka.

BERITA TERKAIT

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang mengirim kapal induk de facto-nya, Izumo, untuk mengumpulkan informasi intelijen dan memantau aktivitas kapal-kapal Cina itu. Jepang juga menyiapkan jet tempurnya untuk merespon J-15 Cina.

Latihan Rutin Tahunan Jarak Jauh 

Siaran pers Jepang datang setelah Kapten Senior Gao Xiucheng, juru bicara Angkatan Laut PLA mengatakan pada kapal induk Liaoning telah berlayar di laut jauh Pasifik Barat.

Latihan tersebut merupakan latihan rutin yang diselenggarakan sesuai jadwal tahunan dan bertujuan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Cina.

Gao menggarisbawahi pelayaran tersebut sejalan hukum dan praktik internasional terkait dan tidak menargetkan pihak lain.

Analis mengatakan latihan laut jauh telah menjadi rutinitas untuk Liaoning, karena Angkatan Laut PLA membuat cetak biru jangka panjang mereka.

Selain kapal induk de facto Jepang Izumo, kelompok penyerang kapal induk Abraham Lincoln Angkatan Laut AS juga beroperasi di Laut Filipina setidaknya pada Senin.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas