Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zelenskyy Sebut Ukraina Mulai Ekspor Listrik ke Eropa untuk Kurangi Ketergantungan Hidrokarbon Rusia

Sebelumnya, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan bahwa ekspor listrik sudah dilakukan dengan volume 100 megawatt.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Zelenskyy Sebut Ukraina Mulai Ekspor Listrik ke Eropa untuk Kurangi Ketergantungan Hidrokarbon Rusia
Facebook via CNN.com
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan saat ini Ukraina sedang dalam proses peluncuran transmisi listrik ke Rumania. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, KYIV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan saat ini Ukraina sedang dalam proses peluncuran transmisi listrik ke Rumania.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (1/7/2022) tujuan dari Ukraina meluncurkan transmisi listrik yakni untuk membantu Eropa mengurangi ketergantungannya pada hidrokarbon Rusia.




Sebelumnya, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan bahwa ekspor listrik sudah dilakukan dengan volume 100 megawatt.

Baca juga: Rusia Setuju Buka Jalur Laut untuk Ekspor Gandum Ukraina

"Berkat listrik Ukraina, sebagian besar gas Rusia yang digunakan oleh konsumen Eropa dapat diganti. Oleh karena itu, ini bukan hanya masalah pendapatan ekspor bagi kami, tetapi juga masalah keamanan untuk seluruh Eropa," kata Zelenskyy.

"Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa menghubungkan negara kita dengan sistem energi umum Uni Eropa sudah terjadi setelah perang dimulai. Ukraina sekarang melakukan hal-hal yang dulu tampak mustahil." imbuhnya.

Ukraina mencapai kesepakatan pada pertengahan Maret untuk bergabung dengan Jaringan Operator Sistem Transmisi Eropa (ENTSO-E) sebagai pengamat setelah jaringannya dikaitkan dengan jaringan Uni Eropa.

BERITA TERKAIT

ENTSO-E mengatakan, persiapan telah selesai untuk ekspor pertama dari Ukraina, bersama dengan listrik dari bekas Soviet Moldova, dan mulai 30 Juni menggunakan interkoneksi dengan Rumania.

“Perdagangan listrik di interkoneksi lain antara Ukraina dan Slovakia, Ukraina dan Hongaria serta antara Moldova dan Rumania akan segera menyusul,” kata ENTSO-E.

Baca juga: Rusia Tembakkan Dua Rudal ke Odesa Ukraina, 17 Orang Tewas dan Puluhan Orang Terluka

Operator itu mengatakan, total kapasitas perdagangan awalnya akan ditetapkan menjadi 100 megawatt pada tahap pertama.

Dalam pengumuman sebelumnya, Perdana Menteri Shmyhal mengatakan potensi ekspor listrik Ukraina ke Eropa bisa mencapai 2,5 gigawatt.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas