Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringati Hari Kemerdekaan, Vasyl Hamianin: Tekanan Rusia Tak Membuat Bangsa Ukraina Menyerah

Hamianin sebut, tekanan hebat yang dilakukan penjajah Rusia tidak membuat Bangsa Ukraina terpecah belah dan menyerah

Penulis: Willem Jonata
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Peringati Hari Kemerdekaan, Vasyl Hamianin: Tekanan Rusia Tak Membuat Bangsa Ukraina Menyerah
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin saat melakukan wawancara bersama Tribunnews.com di Kantor Tribun Network, Jakarta, Rabu (13/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam tekanan gempuran militer Rusia, Hari Kemerdekaan ke-31 Ukraina tetap diperingati pada 24 Agustus.

Pada momen tersebut, bangsa Ukraina optimis dapat memperoleh kemenangan sepenuhnya.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menuturkan hal tersebut di tengah hasil positif yang diraih dalam upaya mendesak mundur kekuatan militer Rusia.

Menurut dia, hal itulah yang membuat peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina tahun ini jadi begitu berarti.

“Tekanan hebat yang dilakukan penjajah Rusia tidak membuat Bangsa Ukraina terpecah belah dan menyerah. Tindakan penjajahan tersebut terbukti justru membuat Bangsa Ukraina semakin bersatupadu. Peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina tahun ini menjadi sangat berarti,” kata Hamianin.

Baca juga: Rangkuman 6 Bulan Perang Rusia Vs Ukraina: Awal Invasi hingga Moskow Rebut Seperlima Wilayah Kyiv

Dari medan tempur, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina sejak 24 Februari hingga 22 Agustus berhasil membuat penjajah Rusia mengalami kerugian besar.

BERITA TERKAIT

Tercatat 45.400 tentara berhasil dieliminasi berikut 1.919 tank, 4.230 kendaraan lapis baja, 1.032 sistem artileri, 266 kendaraan peluncur roket, 145 sistem perang antipesawat.

Kemudian 234 pesawat, 198 helikopter, 3.149 kendaraan mobil militer dan tangki bahan bakar, 15 kapal militer, 815 UAV taktis, 99 peralatan militer khusus dan 194 rudal jelajah.

Menurut dia, perjuangan bangsa Ukraina berhasil memaksakan Rusia menderita kerugian terbesar di wilayah Donetsk, yang sejak tahun 2014 melalui dukungan Vladimir Putin menjadi wilayah separatis yang menjadi negara boneka Moskow.

Keberhasilan kekuatan bersenjata Ukraina memungkinkan dibukanya perdagangan.

Salah satunya pada 22 Agustus, sedikitnya dua kapal dengan produk pertanian Ukraina meninggalkan pelabuhan Odesa melalui "koridor gandum".

Keberhasilan Ukraina untuk mengirimkan produk pertanian adalah sumbangsih nyata Ukraina mengatasi ancaman bencana kelaparan yang menghantui negara-negara yang mengandalkan produk pertanian Ukraina sebagai bahan pokok pangan.

“Keberhasil yang diraih bangsa Ukraina jelang peringatan hari kemerdekaan tidak bisa menghapus kesedihan akibat kehilangan nyawa yang ditanggung rakyat Ukraina akibat tindakan keji Rusia,” tegasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas