Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Senin Depan Presiden AS Biden Kunjungi Lokasi Kebakaran Hutan Kota Lahaina Hawaii

Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Hawaii pada hari Senin untuk menengok lokasi kebakaran hutan yang menghancurkan kota Lahaina

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Senin Depan Presiden AS Biden Kunjungi Lokasi Kebakaran Hutan Kota Lahaina Hawaii
AFP/YUKI IWAMURA
Rumah dan bangunan yang terbakar digambarkan setelah kebakaran hutan, terlihat di Lahaina, Maui barat, Hawaii pada 12 Agustus 2023. Jaksa Agung Hawaii, Anne Lopez, mengatakan pada 11 Agustus, dia membuka penyelidikan tentang penanganan kebakaran hutan yang menghancurkan yang menewaskan sedikitnya 80 orang di negara bagian itu minggu ini, karena kritik tumbuh dari tanggapan resmi. Pengumuman dan peningkatan jumlah korban tewas datang saat penduduk Lahaina diizinkan kembali ke kota untuk pertama kalinya. (Photo by Yuki IWAMURA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, LAHAINA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Hawaii pada hari Senin untuk menengok lokasi kebakaran hutan yang menghancurkan kota Lahaina.

Melansir Reuters, Biden bersumpah bahwa pemerintah federal AS akan berkomitmen kepada rakyat Maui.

Pemerintah AS berkomitmen untuk memulihkan dan membangun kembali kota Lahaina pascakebakaran yang menewaskan sedikitnya 110 orang. 

Dalam sebuah video singkat yang disiarkan di Good Morning America ABC, presiden mengatakan pemerintah AS telah mengambil tindakan untuk segera mengirimkan ratusan personel darurat, ribuan makanan dan perbekalan ke kota resor wisata yang hancur di mana sekitar 2.200 bangunan hancur.

"Kami akan bersamamu selama yang dibutuhkan, aku berjanji padamu," kata Biden.  

"Sudah dari kegelapan dan asap dan abu, kita melihat cahaya harapan dan kekuatan," lanjutnya.

Dalam sambutannya, Biden menyoroti upaya para responden lokal yang pertama dan telah bekerja sepanjang waktu untuk mencari warga yang hilang.

BERITA TERKAIT

"Sementara sukarelawan mengirimkan bantuan dengan perahu nelayan dan koki lokal menyiapkan makanan untuk keluarga yang mengungsi," katanya.

Reuters menyatakan Biden dan ibu negara AS Jill Biden akan melakukan perjalanan ke Hawaii pada hari Senin untuk mensurvei kehancuran dan bertemu dengan responden pertama, penyintas, dan pejabat federal, negara bagian, dan lokal.

Baca juga: Warga Lahaina Hawaii Tinggalkan Mobil Mereka, Pilih Berlari Menuju Air Laut Saat Badai Api Terjadi

"Saya ingin orang-orang Hawaii tahu bahwa negara Anda bersama Anda selama diperlukan," katanya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas