Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Pertahanan Rusia Cek Pasukan di Garis Depan, Perintahkan Bersiap Tempur di Musim Dingin

Kedatangan dan inspeksi Sergei Shoigu ini menandakan niat Moskow untuk terus melancarkan perang yang telah berlangsung 21 bulan hingga tahun depan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Menteri Pertahanan Rusia Cek Pasukan di Garis Depan, Perintahkan Bersiap Tempur di Musim Dingin
Russian Defense Ministry
Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengunjungi pasukan di garis pertempuran melawan tentara Ukraina. Shoigu disebutkan memerintahkan pasukan Rusia untuk bertempur di musim dingin. 

Menteri Pertahanan Rusia Cek Pasukan di Garis Depan, Perintahkan Bersiap Tempur di Musim Dingin

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan perwira senior untuk menyiapkan pasukan Rusia menghadapi musim dingin.

Perintah itu dikeluarkan Shoigu saat datang berkunjung ke pos komando di Ukraina timur, kata juru bicara militer Rusia, Rabu (25/10/2023).

Dalam sebuah video yang diposting secara online, Sergei Shoigu terlihat mengunjungi pos komando di garis depan pertempuran di Vostok.

Di sana, Shoigu dikatakan mendapat menjelasan soal situasi pertempuran di garis depan.

Baca juga: Tentara Rusia Mentok di Avdiivka, Ukraina: 50 Tank Moskow Hangus dalam Sehari, 900 Prajurit Tewas

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengatakan kapan tepatnya sang jenderal melakukan kunjungan tersebut.

Shoigu juga mendengarkan laporan tentang persiapan yang sedang berlangsung untuk pertempuran musim dingin.

BERITA REKOMENDASI

Kedatangan dan inspeksi Sergei Shoigu ini menandakan niat Moskow untuk terus melancarkan perang yang telah berlangsung selama 21 bulan hingga tahun depan.

“Shoigu memberikan perhatian khusus pada penyediaan seragam musim dingin baru dan alas kaki berinsulasi yang tepat waktu dan memadai untuk semua personel,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan tentang kunjungan sang menteri ke garis depan tersebut.

Sejumlah laporan media secara rutin melaporkan kekurangan pasokan militer Rusia sejak Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Baca juga: Intelijen Ukraina: Tentara Rusia Kelaparan, Saking Lemahnya Pakai Rompi Anti-Peluru Pun Tak Sanggup

Presiden Rusia, Vladimir Putin bersama Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, saat berkunjung ke markas besar Angkatan Bersenjata di Rostov-on-Don, Jumat (19/10/2023).
Presiden Rusia, Vladimir Putin bersama Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, saat berkunjung ke markas besar Angkatan Bersenjata di Rostov-on-Don, Jumat (19/10/2023). (Biro Kepresidenan Rusia/Kremlin.ru)

Putin Juga Kunjungi Markas Komando

Kunjungan Shoigu dilaporkan kurang dari seminggu setelah Presiden Vladimir Putin melakukan perjalanan ke markas militer Kementerian Pertahanan di Rostov-on-Don, yang menjadi pusat komando operasi militer khusus (istilah Moskow untuk invasi) pasukan Rusia di Ukraina.

Baik Shoigu maupun Putin melakukan perjalanan mereka ketika pasukan Rusia dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan serangan mereka terhadap kota industri Avdiivka di Ukraina timur.

Baca juga: Dikirim ke Medan Perang Pakai Lapis Baja Butut Soviet, Tubuh Tentara Rusia Berserakan di Avdiivka

Dalam beberapa laporan, Rusia dilaporkan terus melancarkan serangan untuk merebut kembali Avdiivka meski kehilangan sejumlah besar lapis baja dan pasukan.

Adapun Sergei Shoigu terakhir kali mengunjungi zona perang pada awal Agustus.

(oln/*/tmt)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas