Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pos Pemeriksaan di Tepi Barat Diserang, Tentara Israel Tewas Ditembak

Serangan itu menargetkan pos pemeriksaan terowongan antara Yerusalem dan Betlehem, menyebabkan setidaknya satu tentara Israel tewas dan tujuh terluka

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pos Pemeriksaan di Tepi Barat Diserang, Tentara Israel Tewas Ditembak
JAAFAR ASHTIYEH / AFP
Ban dibakar untuk menghalangi kendaraan tentara Israel maju selama operasi militer di kota Tulkarem di Tepi Barat yang diduduki pada 14 November 2023. 

Pos Pemeriksaan di Tepi Barat Diserang, Tentara Israel Tewas Ditembak

TRIBUNNEWS.COM - Tiga warga Palestina dilaporkan menyerang tentara Israel di Tepi Barat Kamis (16/11/2023).

Serangan itu menargetkan pos pemeriksaan terowongan antara Yerusalem dan Betlehem, menyebabkan setidaknya satu tentara Israel tewas dan tujuh lainnya terluka.

Personel keamanan Israel melaporkan kalau warga Palestina yang melakukan serangan itu tewas.

Namun, Jewish Press mengatakan salah satu dari tiga orang tersebut melarikan diri oleh pasukan keamanan yang ditempatkan di persimpangan.

“Untuk beberapa lama, kami belum melihat proses (penyerangan) yang direncanakan seperti ini di Yerusalem,” kata seorang reporter Israel yang meliput kejadian tersebut.

Juru bicara kepolisian Israel menyebut penembakan itu “sangat, sangat kejam,”.

BERITA REKOMENDASI

“Pemerintah tertarik untuk berperang di Gaza, namun di sisi lain, ada juga banyak peringatan (bahaya) di Israel,” katanya.

Kendaraan tentara Israel melaju melalui distrik komersial setelah jam malam diberlakukan di Tulkarem selama operasi militer di kota Tepi Barat yang diduduki pada 14 November 2023.
Kendaraan tentara Israel melaju melalui distrik komersial setelah jam malam diberlakukan di Tulkarem selama operasi militer di kota Tepi Barat yang diduduki pada 14 November 2023. (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Eskalasi Konflik Meningkat

Serangan dari warga Palestina ini terjadi seiring meningkatnya aksi bersenjata tentara Israel di Tepi Barat.

Pada 14 November, tentara Israel melancarkan serangan brutal di kota Tulkarem di Tepi Barat yang mereka duduki.

“Pasukan Israel Senin malam dan Selasa telah membunuh tujuh warga Palestina selama serangan militer besar-besaran yang sedang berlangsung di kota Tulkarem dan kamp pengungsi,” menurut kantor berita Palestina WAFA.

Brigade Syuhada Al-Aqsa segera menghadang penyerangan tersebut.

Pernyataan kelompok tersebut berbunyi, “Tentara kami mampu meledakkan alat peledak Jihad-1 terhadap patroli infanteri di kota kami yang teguh dan bangga, mengonfirmasi adanya sejumlah korban luka (tentara Israel).”

Outlet berita Maan melaporkan pada 14 November kalau Israel membentengi permukiman Tepi Barat dengan senjata berat untuk mengantisipasi serangan balasan dari Palestina.

“Tentara Israel sedang mempertimbangkan untuk memperkuat permukiman dengan senjata berat, rudal yang ditembakkan dari bahu, dan peralatan tempur berat lainnya sebagai persiapan untuk… kemungkinan eskalasi,” lapor Maan, mengutip media Israel.

Pemukim Israel juga meningkatkan serangan terhadap warga Palestina di wilayah pendudukan.

(oln/TC/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas