Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Israel: Ribuan Tentara IDF Harus Diamputasi Gegara Perang Gaza Lawan Hamas

Ribuan Tentara Israel yang terluka di perang Gaza lawan Hamas, mengalami cedera serius pada tangan dan kaki mereka, sehingga memerlukan amputasi.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Media Israel: Ribuan Tentara IDF Harus Diamputasi Gegara Perang Gaza Lawan Hamas
MENAHEM KAHANA / AFP
Tentara Israel memberikan penghormatan mereka pada tanggal 29 November 2023, di sebuah instalasi yang memuat foto orang-orang yang bersuka ria yang terbunuh atau diculik dalam serangan tanggal 7 Oktober 2023 oleh militan Hamas dari Jalur Gaza, di lokasi festival Nova di Re'im. 

Media Israel: Ribuan Tentara IDF Diamputasi Gegara Perang Gaza Lawan Hamas

TRIBUNNEWS.COM - Lebih dari 5.000 tentara Israel dilaporkan terluka di Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Dari jumlah itu, lebih dari 2.000 tentara Israel secara resmi diakui oleh Kementerian Pertahanan sebagai penyandang disabilitas.

Baca juga: Yordania dan Iran Marah Lihat Warga Sipil Palestina Ditelanjangi Tentara Israel, Hamas Merespons




Harian Israel,  Yedioth Ahronoth, mengungkapkan, Sabtu (9/12/2023), kalau lebih dari 58 persen dari mereka yang terluka dalam peperangan melawan Hamas dan milisi lain pembebasan Palestina, mengalami cedera serius pada tangan dan kaki mereka, sehingga memerlukan amputasi.

“Lebih dari 5.000 tentara yang terluka tiba di rumah sakit di Israel,” lapor surat kabar harian Yedioth Ahronoth.

“Lebih dari 2.000 orang secara resmi diakui oleh Kementerian Pertahanan sebagai penyandang disabilitas,” harian itu menambahkan.

Baca juga: Strategi Israel Bombardir Rata Tanah Gaza Malah Jadi Bumerang: Hamas Justru Makin Kuat

Tentara Israel menurunkan peti mati ke lubang kubur saat memakamkan Staf Sersan Aschalwu Sama, Minggu (3/12/2023).
Tentara Israel menurunkan peti mati ke lubang kubur saat memakamkan Staf Sersan Aschalwu Sama, Minggu (3/12/2023). (Tangkap Layar/AP)

“Kami belum pernah mengalami hal serupa seperti ini. Lebih dari 58 persen korban luka yang kami terima mengalami luka serius di tangan dan kaki, termasuk amputasi,” kata Limor Luria, wakil direktur jenderal dan kepala Departemen Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Israel, kepada surat kabar tersebut.

BERITA TERKAIT

“Sekitar 12 persen cedera bersifat internal yang terdiri dari kerusakan limpa, ginjal, dan pecahnya organ dalam,” kata Luria.

“Sekitar 7 persen menderita tekanan psikologis, jumlah yang kami tahu akan meningkat tajam,” kata pejabat tersebut.

Tentara Israel mengatakan setidaknya 420 tentara telah tewas sejak pecahnya konflik Gaza pada 7 Oktober.

Baca juga: Israel Klaim Kepung Rumah Yahya Sinwar di Gaza, Hamas Tertawai Lelucon Fatamorgana Netanyahu

Orang-orang memeriksa kerusakan di sebuah rumah yang terkena pemboman Israel di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 3 Desember 2023. Israel melakukan pemboman mematikan di Gaza pada 3 Desember ketika seruan internasional meningkat untuk perlindungan yang lebih besar terhadap warga sipil dan pembaruan masa berlaku yang sudah habis masa berlakunya. gencatan senjata dengan kelompok militan Palestina Hamas.
 (Photo by MAHMUD HAMS / AFP)
Orang-orang memeriksa kerusakan di sebuah rumah yang terkena pemboman Israel di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 3 Desember 2023. Israel melakukan pemboman mematikan di Gaza pada 3 Desember ketika seruan internasional meningkat untuk perlindungan yang lebih besar terhadap warga sipil dan pembaruan masa berlaku yang sudah habis masa berlakunya. gencatan senjata dengan kelompok militan Palestina Hamas. (Photo by MAHMUD HAMS / AFP) (AFP/MAHMUD HAMS)

Israel melanjutkan serangan militernya terhadap Jalur Gaza pada 1 Desember setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama seminggu melawan, Hamas.

Di sisi lain, setidaknya 17.487 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 46.480 lainnya terluka dalam serangan udara dan darat yang tiada henti di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober menyusul serangan lintas perbatasan oleh Hamas lewat Operasi Banjir AL-Aqsa.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi.

(oln/Memo/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas