Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigade Komando IDF Merangsek ke Dalam Khan Yunis, Brigade Al Qassam-Al Quds Bikin Kejutan Dahsyat

Para ahli di Israel mengatakan jumlah korban Hamas ‘jauh lebih sedikit’ dibandingkan yang dilaporkan saat IDF merangsek jauh ke dalam Khan Yunis

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Brigade Komando IDF Merangsek ke Dalam Khan Yunis, Brigade Al Qassam-Al Quds Bikin Kejutan Dahsyat
Photo credit: Israeli army
SATUKAN TIGA UNIT - Tentara Israel (IDF) dari satuan infanteri, menyatukan tiga unit tempur didukung peralatan tempur seperti Tank Merkava, untuk merangsek ke dalam Khan Yunis, Gaza Selatan, Kamis (27/12/2023). Brigade AL Qassam dan Brigade Al Quds, sayap militer dari organisasi Hamas dan PIJ, memberikan kejutan dahsyat. 

Brigade Komando IDF Merangsek ke Dalam Khan Yunis, Brigade Al Qassam dan Al Quds Bikin Kejutan Dahsyat

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel (IDF) menyatakan Brigade Komandonya sedang bergerak maju ke jantung kota Khan Yunis di selatan Gaza, Kamis (27/12/2023).

Guna mendukung klaimnya, IDF merilis rekaman unit tempur Maglan, Egoz, dan Duvdevan di Brigade Komando.

IDF menggambarkan aksi dalam video itu sebagai manuver pasukan yang merangsek jauh di dalam Khan Yunis.

Baca juga: Pakar Militer Turki Ungkap Hal Mengejutkan Soal Brigade Al Qassam Bikin Senapan dan Peluru Sniper

"Mereka (IDF) mengatakan unit komando tersebut membunuh banyak anggota dan menghancurkan infrastruktur kelompok teror, termasuk terowongan,” menurut koresponden militer The Times of Israel, Emanuel Fabian.

“Ketiga unit tersebut melakukan lusinan serangan menggunakan amunisi terpandu selama operasi mereka di Khan Yunis,” tulis laporan tersebut.

Manuver IDF itu menghasilkan bentrokan sengit yang terus berkecamuk di seluruh Jalur Gaza.

BERITA TERKAIT

Rabu (26/12/2023) kemarin, media Israel melaporkan kalau Tel Aviv memputuskan untuk memperluas agresi militer darat di Gaza selatan.

Baca juga: Iran Rilis Video Pembunuhan Netanyahu Seusai Jenderal Korps Garda Revolusi Tewas oleh Bom Israel

Tentara Israel berkumpul di sekitar tank dekat perbatasan dengan Jalur Gaza di Israel selatan pada 24 Desember 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas.
Tentara Israel berkumpul di sekitar tank dekat perbatasan dengan Jalur Gaza di Israel selatan pada 24 Desember 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (Menahem KAHANA / AFP)

Kejutan Dahsyat dari Brigade AL Qassam dan Brigade Al Quds

Klaim IDF kalau mereka merangsek masuk jauh ke dalam Khan Yunis disebutkan dalam upaya menunjukkan kalau para milisi pembebasan Palestina di Gaza, Hamas-Jihad Islam Palestina (PIJ), terdesak.

Namun, sejumlah laporan dari medan pertempuran menunjukkan fakta berbeda dari klaim IDF.

Brigade Qassam Hamas mengatakan melalui saluran media mereka bahwa mereka menargetkan “empat buldoser militer dan sebuah tank Merkava” di utara Khan Yunis pada Rabu sore.

Brigade Qassam dan kelompok lain termasuk Brigade Quds dari Jihad Islam Palestina (PIJ) membuat kejutan dahsyat terlepas dari upaya hebat IDF menggempur wilayah tersebut.

Menyatukan tiga unit tempur plus persenjataan dan amunisi lengkap, nyatanya IDF belum bisa membuat Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds rontok dan terusir mundur.

Sejumlah laporan teraktual menunjukkan Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds masih bertahan di utara dan selatan Gaza dan memberikan perlawanan super-sengit.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas