Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Sebut Israel Gagalkan Semua Upaya Mediator untuk Capai Kesepakatan Gencatan Senjata

Hamas menyebut Israel telah menggagalkan semua upaya mediator untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Penulis: Nuryanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Hamas Sebut Israel Gagalkan Semua Upaya Mediator untuk Capai Kesepakatan Gencatan Senjata
JACK GUEZ / AFP
Gambar yang diambil dari lokasi di Israel selatan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza pada 19 Januari 2024. Hamas menyebut Israel telah menggagalkan semua upaya mediator untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pejabat senior Hamas menyebut Israel telah menggagalkan semua upaya mediator untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza sebelum Ramadan.

Pejabat senior Sami Abu Zuhri mengatakan, Israel bersikeras menolak unsur-unsur perjanjian yang akan menyebabkan jeda dalam pertempuran, memastikan masuknya bantuan, dan memfasilitasi kembalinya para pengungsi internal ke rumah mereka.

Saat ini, delegasi perundingan Hamas telah meninggalkan Kairo.




Meskipun sebuah sumber mengatakan kepada saluran berita Al-Qahera yang berafiliasi dengan pemerintah di Mesir bahwa pembicaraan antara semua pihak akan terus berlanjut.

“Delegasi Hamas meninggalkan Kairo pagi ini untuk berkonsultasi dengan pimpinan gerakan tersebut, dengan negosiasi dan upaya terus dilakukan untuk menghentikan agresi, memulangkan para pengungsi dan membawa bantuan kepada rakyat kami,” lapor Reuters yang mengutip pernyataan Hamas.

Diberitakan The Guardian, diyakini ada sekitar 134 orang yang masih ditahan di Gaza oleh Hamas, meski status mereka semua tidak diketahui.

Anggota keluarga dari beberapa orang yang ditangkap pada 7 Oktober 2023 telah memberikan konferensi pers yang menyerukan agar mereka kembali ke London.

BERITA TERKAIT

Hingga kini, belum ada komentar langsung dari Israel, yang menuntut pembebasan sekitar 134 sandera yang diyakini masih ditahan di Gaza.

Kini, Hamas berjanji untuk melanjutkan perundingan di Kairo.

Namun, para pejabat mengatakan gencatan senjata harus dilakukan sebelum para sandera dibebaskan.

Pasukan Israel harus meninggalkan Gaza dan semua warga Gaza harus dapat kembali ke rumah mereka.

Baca juga: Dokumen Rahasia Bocor, AS Diam-diam Setujui 100 Paket Penjualan Senjata ke Israel

Laporan menyebutkan Israel tidak ikut serta dalam perundingan di Kairo karena Hamas menolak memberikan daftar sandera yang masih hidup.

Hamas mengatakan hal ini tidak mungkin terjadi tanpa gencatan senjata terlebih dahulu, karena sandera tersebar di seluruh Gaza.

Update Perang Israel-Hamas

Dikutip dari Al Jazeera, Israel secara konsisten dan tanpa dasar memblokir operasi bantuan untuk Gaza, bahkan ketika daerah kantong tersebut semakin dilanda kelaparan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas