Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terungkap, Pencegat Rudal Milik AS Gagal Halau Serangan Balasan Iran ke Israel

Sistem pertahanan rudal dari AS disebut gagal menghalau serangan balasan dari Iran yang meluncurkan 300 rudal dan drone ke Israel pada 13 April lalu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Terungkap, Pencegat Rudal Milik AS Gagal Halau Serangan Balasan Iran ke Israel
File AFP
Ilustrasi rudal Iran. --- Sistem pertahanan rudal milik AS gagal cegat rudal dan drone Iran dalam serangan balasannya ke Israel pada 13 April 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Media Israel, Radio Angkatan Darat Israel, mengatakan pertahanan udara Amerika Serikat (AS) sebagian besar gagal untuk mengusir rudal balistik yang diluncurkan oleh Iran dalam serangan balasannya ke Israel pada 13 April lalu.

Iran saat itu meluncurkan 300 rudal dan drone dari wilayahnya menuju situs militer Israel.

“Sistem Amerika yang bekerja melawan rudal balistik Iran selama serangan terhadap Israel sebagian besar gagal," lapor Radio Angkatan Darat Israel, Rabu (1/5/2024).

“Dari 8 rudal yang diluncurkan dari laut, hanya dua yang ditembak jatuh," lanjutnya.

Radio Angkatan Darat Israel tidak memberikan sumber informasinya, juga tidak menunjukkan nasib rudal yang gagal dicegat oleh pertahanan AS.

Belum ada komentar langsung dari AS mengenai laporan tersebut.

Israel dan AS mengatakan pada saat itu bahwa mereka mampu mencegat sebagian besar rudal dan drone yang diluncurkan oleh Iran.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Israel menyerang konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024.

Serangan Israel itu meruntuhkan sebagian besar kompleks itu dan menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi Iran (IRGC) termasuk Brigjen Mohammad Reza Zahedi, Komandan Pasukan Quds elit Iran.

Iran membalas Israel dengan meluncurkan Operasi Janji Sejati, yang menembakkan 300 drone dan rudal ke situs militer Israel pada 13 April 2024.

AS bersama mitranya Inggris, Prancis, dan Yordania melumpuhkan sebagian besar serangan rudal dan drone Iran ke Israel dengan jet tempur dan sistem pertahanannya.

Baca juga: Di Balik Meredanya Konflik Iran-Israel, Apa Peran AS untuk Cegah Perang Baru?

Para pejabat AS mengatakan kepada ABC News dan Wall Street Journal bahwa lima rudal balistik Iran menghantam Pangkalan Udara Nevatim di Israel selatan dan merusak sebuah pesawat angkut.

Empat rudal balistik tambahan menghantam Pangkalan Udara Negev, namun tidak ada kerusakan signifikan yang dilaporkan.

Bagaimana AS Lindungi Israel?

Presiden AS, Joe Biden, telah mengirim kapal dan pesawat perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah Israel selama seminggu sebelum Iran melakukan serangan balasan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas