Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Lanjutkan Perburuan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Terapkan Siasat Baru Buang Tawanan

Keberadaan pemimpin Hamas Yahya Sinwar tidak selalu tinggal di terowongan, seperti yang diklaim oleh Israel tapi juga menjalankan tugasnya di lapangan

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Israel Lanjutkan Perburuan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Terapkan Siasat Baru Buang Tawanan
AFP/Al Mayadeen
Pemimpi Hamas di jalur Gaza, Yahya Sinwar, saat berbicara di sebuah pertemuan di di Kota Gaza, 30 April 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel melanjutkan perburuan atas pucuk pimpinan Hamas Yahya Sinwar yang mereka nilai sebagai sosok yang paling bertanggung jawab atas penyerbuan wilayah Israel oleh gerilyawan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menempuh strategi baru demi bisa menemukan jejak terbaru Yahya Sinwar. Yakni dengan cara membuang tawanan.

Sebagai bagian dari skema tersebut, Tel Aviv sedang bersiap untuk membangun kehadiran militer 'jangka panjang' di Gaza dengan 'persetujuan sebagian' dari Amerika Serikat.

Pemerintah Israel untuk sementara ini mengabaikan tujuan awalnya yakni membebaskan puluhan tawanan warga Israel yang masih berada di tangan Hamas di Gaza.

"Fokus Israel saat ini adalahmengejar para pemimpin tertinggi Palestina,” ungkap pejabat militer Israel kepada Middle East Eye (MEE).

“Operasi Benyamin Netanyahu di Gaza pada dasarnya ditujukan untuk… memburu Yahya Sinwar,” kata salah satu perwira Israel, yang bertugas di Gaza, kepada media yang berbasis di Inggris tersebut.

Dia mengatakan, dan menekankan bahwa perang tersebut bersifat “pribadi” bagi sang perdana menteri.

BERITA REKOMENDASI

“Beberapa sandera mungkin akan ditukar. Namun, sandera tidak lagi menjadi perhatian siapa pun,” kata sumber tersebut.

Para pejabat di Tel Aviv dilaporkan “terobsesi” untuk menangkapYahya  Sinwar dan pejabat tinggi lainnya di Brigade Qassam – sayap bersenjata Hamas.

Baca juga: Israel Siapkan Siasat Keji di Rafah, Tutup Akses ke Kantong Pengungsi yang Makin Terkepung

Perwira Israel lainnya yang berbicara dengan MEE mengatakan “fase baru” perang genosida yang melibatkan “kehadiran militer jangka panjang” sedang direncanakan, dan menuduh bahwa hal ini “disetujui sebagian” oleh Washington.

“Rencana ini sebagian telah disetujui oleh AS… Ini semua adalah bagian dari rencana yang disepakati kedua negara untuk Gaza yang bebas Hamas,” kata pejabat tersebut.

Pemimpin Gerakan Hamas, Yahya Sinwar di Jalur Gaza. Sinwar dikabarkan menjadi orang nomor satu yang masuk dalam daftar bunuh tentara Israel.
Pemimpin Gerakan Hamas, Yahya Sinwar di Jalur Gaza. Yahya Sinwar kini menjadi orang nomor satu yang masuk dalam daftar bunuh tentara Israel. (jn/screencapture)

Menurut petugas tersebut, Israel mengupayakan kehadiran jangka panjangnya di Gaza termasuk invasi darat ke Rafah di Gaza Selatan yang dilancarkan Tel Aviv awal pekan ini dengan mengambil kendali atas penyeberangan perbatasan utama di Rafah menuju Mesir.

Baca juga: Barclays Tambah Investasi di Perusahaan Senjata Israel 2,4 Miliar USD di Tengah Invasi IDF ke Rafah

Israel mengklaim sekitar 128 dari sekitar 250 tawanan yang ditawan oleh perlawanan Palestina pada 7 Oktober masih berada di dalam Gaza, termasuk 35 orang yang menurut militer telah tewas.

Menurut pejabat Hamas, setidaknya 70 tawanan telah terbunuh akibat serangan Israel di jalur tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas