Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sirene Meraung di 10 Kota Israel di Utara, 30 Rudal Geruduk Galilea Atas, Hizbullah Kian Up to Date

Sekitar 30 rudal ditembakkan dari Lebanon selatan menuju situs-situs Israel di Galilea Atas, dan sirene dibunyikan di 10 kota di wilayah tersebut

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sirene Meraung di 10 Kota Israel di Utara, 30 Rudal Geruduk Galilea Atas, Hizbullah Kian Up to Date
khaberni/HO
Kepulan asap tampak membumbung di kawasan Galilea Atas, wilayah Palestina Utara yang diduduki Israel. Pada Kamis (23/5/2024), laporan menyebut, ada 30 rudal yang ditembakkan dari Lebanon Selatan ke Galilea Atas yang diduga diluncurkan milisi perlawanan Hizbullah sebagai bentuk dukungan bagi Gaza dan pembalasan atas agresi serangan udara Israel ke kota-kota mereka di perbatasan. 

Sirene Meraung di 10 Kota Israel di Utara, 30 Rudal Hizbullah Geruduk Galilea Atas

TRIBUNNEWS.COM - Media Ibrani pada Kamis (23/5/2024) melaporkan kalau sejumlah besar rudal yang diduga berasal dari Lebanon Selatan ditembakkan dengan menargetkan Galilea Atas, wilayah Palestina yang diduduki Israel, dekat perbatasan dengan Lebanon.

"Sekitar 30 rudal ditembakkan dari Lebanon selatan menuju situs-situs Israel di Galilea Atas, dan sirene dibunyikan di 10 kota di wilayah tersebut," tulis laporan media Ibrani dikutip dari Khaberni, Kamis.

Baca juga: Drone Kamikaze Hizbullah Kian Ganas, Israel Beli Meriam Vulcan: Tembakkan 1.000 Peluru Per Menit

Serangan itu diduga dilancarkan milisi perlawanan Hizbullah Lebanon yang terus menggempur teritorial Israel secara harian sejak 7 Oktober 2023.

Serangan Hizbullah makin intensif saat Israel melakukan invasi militer ke Kota Rafah, Gaza Selatan.

"Dalam konteks serangan terbaru ini, sumber melaporkan bahwa sirene dibunyikan di 10 kota di Galilea Atas di sektor timur perbatasan dengan Lebanon karena dugaan adanya infiltrasi," tulis Khaberni.

Baca juga: 3 Hal di Balik Remuknya Israel di Jabalia: IDF Salahkan Politisi, Qassam Kini Kuasai Jurus Hizbullah

Hizbullah Bom Israel di Galilea
Kepulan asap tampak membumbung di kawasan Galilea Atas, wilayah Palestina Utara yang diduduki Israel. Pada Kamis (23/5/2024), laporan menyebut, ada 30 rudal yang ditembakkan dari Lebanon Selatan ke Galilea Atas yang diduga diluncurkan milisi perlawanan Hizbullah sebagai bentuk dukungan bagi Gaza dan pembalasan atas agresi serangan udara Israel ke kota-kota mereka di perbatasan.

Persenjataan Hizbullah Kian Up to Date

Pekan lalu, Hizbullah juga melancarkan serangan udara  yang pertama terhadap pangkalan Israel di kawasan Metulla, Palestina Utara yang diduduki.

BERITA TERKAIT

Kelompok perlawanan Lebanon itu, untuk pertama kalinya, menggunakan drone yang dilengkapi dua rudal untuk menyerang situs Metulla Israel

Hizbullah melancarkan serangan udara Lebanon yang pertama terhadap sasaran Israel pada 17 Mei, menggunakan pesawat tak berawak yang belum pernah dilihat sebelumnya untuk operasi tersebut.

“Untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza dan untuk mendukung perlawanan mereka yang berani dan terhormat, Perlawanan Islam menyerang pada pukul 13:38 pada hari Kamis 16/5/2024 situs Metulla, garnisunnya, dan kendaraannya dengan serangan mematikan drone ofensif yang dipersenjatai dengan dua rudal S5,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan pada Kamis sore, menandai operasi keenam dari 13 operasi pada hari itu.

“Ketika mencapai titik yang ditentukan, mereka menembakkan rudal ke salah satu kendaraannya dan elemen-elemen yang berkumpul di sekitarnya, membunuh dan melukai mereka. Setelah itu, mereka melanjutkan serangannya terhadap sasaran yang telah ditentukan dan mengenai sasaran tersebut dengan akurat,” tambah pernyataan itu.

Kelompok perlawanan merilis rekaman serangan drone di Metulla. Dua rudal terlihat ditembakkan dari masing-masing sisi drone, yang kemudian turun menuju sasaran akhirnya dan meledak.

Tiga tentara Israel terluka – dengan satu orang terluka parah – dalam serangan pesawat tak berawak tersebut.

Bertepatan dengan serangan brutal Israel di Rafah dan serangan tanpa henti di Jalur Gaza, Hizbullah telah meningkatkan operasinya dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Israel Colek Rafah, Hizbullah Lebanon Hajar Pangkalan Golan, Perlawanan Irak Serang Pangkalan Eilat

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas