Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khan Yunis Kembali Dikepung Israel saat Perundingan Gencatan Senjata Dilanjutkan Tanpa Hamas

Pasukan Israel mengeluarkan perintah evakuasi paksa di Khan Yunis sambil menggempur kota itu tanpa pandang bulu dengan serangan udara dan artileri.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Khan Yunis Kembali Dikepung Israel saat Perundingan Gencatan Senjata Dilanjutkan Tanpa Hamas
AFP/AFP
Orang-orang berjalan di tengah puing-puing bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Khan Yunis, di Jalur Gaza Selatan. Selasa (16 April 2024), saat pertempuran berlanjut antara Israel dan kelompok Pejuang Palestina Hamas. (STR/AFP) 

Khan Yunis Kembali Dikepung Israel saat Perundingan Gencatan Senjata Dilanjutkan Tanpa Hamas

TRIBUNNEWS.COM- Pasukan Israel mengeluarkan perintah evakuasi paksa di Khan Yunis sambil menggempur kota itu tanpa pandang bulu dengan serangan udara dan artileri.

Tentara Israel memerintahkan evakuasi paksa baru terhadap warga Palestina di Jalur Gaza selatan pada tanggal 15 Agustus, sementara pemboman tanpa henti menargetkan jalur tersebut saat negosiasi gencatan senjata dilanjutkan di ibu kota Qatar, Doha.




Penduduk kota selatan Khan Yunis dan lingkungan sekitarnya telah berulang kali menjadi sasaran perintah evakuasi dalam beberapa minggu terakhir.

Seorang juru bicara militer memerintahkan “semua penduduk Blok 38, 39, 41, 42 di lingkungan Al-Qarara 3 dan Al-Sathar” di tenggara Gaza untuk meninggalkan rumah dan tempat penampungan pengungsi pada hari Kamis.

“Dengan latar belakang penembakan roket terus-menerus oleh Hamas dan organisasi teroris dari wilayah Anda, [tentara Israel] akan segera bertindak tegas terhadap elemen-elemen teroris ini,” imbuh juru bicara tersebut.

Minggu lalu, pasukan Israel memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka di Khan Yunis, mengeluarkan perintah evakuasi dan meluncurkan operasi militer ketiga di kota itu sejak dimulainya perang.

BERITA TERKAIT

Sebagian besar wilayah Gaza telah menjadi sasaran perintah semacam itu. Menurut PBB, 84 persen wilayah Gaza telah dievakuasi, dan 90 persen penduduk telah mengungsi setidaknya satu kali.

Bertepatan dengan perintah baru tersebut, pemboman Israel tanpa pandang bulu menargetkan beberapa wilayah Gaza pada hari Kamis.

“Enam warga sipil Palestina tewas dan beberapa lainnya terluka, pada Kamis dini hari, dalam pemboman pendudukan Israel di lingkungan Sabra di Kota Gaza, dan kota Bani Suhaila di Khan Yunis,” kantor berita WAFA melaporkan pada 15 Agustus.

Kompleks apartemen Hamad Town di Khan Yunis juga menjadi sasaran pemboman besar-besaran oleh jet-jet Israel saat artileri menghantam kawasan pemukiman lain di kota selatan itu.

Sementara itu, negosiasi gencatan senjata kembali dimulai di ibu kota Qatar, Doha, pada hari Kamis.

Hamas dan faksi perlawanan utama Palestina lainnya di Gaza telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menghadiri pembicaraan tersebut.

"Iklim ini jelas penuh dengan tipu daya dan penundaan dari Netanyahu, mengulur waktu sementara Poros mempersiapkan tanggapan atas pembunuhan martir Haniyeh dan Shukr," kata perwakilan Hamas di Lebanon, Dr Ahmed Abdel Hadi, kepada Al Mayadeen pada tanggal 14 Agustus, seraya menambahkan bahwa kelompok tersebut "tidak akan melakukan negosiasi yang memberikan perlindungan bagi Netanyahu dan pemerintahan ekstremisnya."

“Posisi Hamas didasarkan pada keyakinan kuat bahwa negosiasi besok akan dimulai dari titik sebelum titik nol … Hamas menganggap tidak ada gunanya memulai dari titik yang sudah dilampaui,” imbuh Hadi.

Gerakan perlawanan telah memberi sinyal bahwa mereka bersedia bertemu dengan mediator setelah perundingan untuk menentukan apakah ada tanggapan serius atau positif dari Israel.

Awal pekan ini, Hamas menuntut pengembalian proposal yang disetujuinya pada awal Juli – versi terbaru dari rencana yang diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden pada bulan Mei.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas