Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Luncurkan Serangan Terbesar di Tepi Barat Sejak Intifada Kedua

Israel  melancarkan serangan terbesarnya di Tepi Barat yang diduduki sejak Intifada Kedua di tiga kota: Jenin, Tulkarm dan Tubas.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Israel Luncurkan Serangan Terbesar di Tepi Barat Sejak Intifada Kedua
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Tentara Israel berjalan di jalan selama penggerebekan di kamp al-Faraa untuk pengungsi Palestina di dekat kota Tubas di Tepi Barat yang diduduki pada 28 Agustus 2024. - Sedikitnya 10 warga Palestina tewas dalam penggerebekan dan serangan Israel di beberapa kota di utara Tepi Barat yang diduduki, kata juru bicara Bulan Sabit Merah pada 28 Agustus. Operasi itu dilakukan dua hari setelah Israel mengatakan telah melakukan serangan udara di Tepi Barat yang menurut Otoritas Palestina menewaskan lima orang. (Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Israel  melancarkan serangan terbesarnya di Tepi Barat yang diduduki sejak Intifada Kedua.

Tel Aviv menyerang tiga kota, di antaranya adalah Jenin, Tulkarm dan Tubas - dari darat dan udara.

Serangan pesawat tak berawak dilaporkan di tiga kota tersebut saat pasukan menembaki warga Palestina di darat, menewaskan sedikitnya sembilan orang, termasuk tujuh di Tubas dan dua di Jenin, menurut Kementerian Kesehatan Palestina




Serangan itu dimulai tepat setelah tengah malam waktu setempat (21:00 GMT) setelah tentara Israel yang menyamar memasuki kamp pengungsi Jenin dan kamp pengungsi Nur Shams di Tulkarm. 

Di Tubas, pasukan Israel tiba menggunakan helikopter militer dan memimpin serangan di sana, khususnya di kamp pengungsi Far'a, menurut media Israel dan Palestina

Menurut saksi mata dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PCRS), sejumlah besar pasukan Israel kemudian menyerbu kamp-kamp dan mengepung rumah sakit, mencegah paramedis mencapai mereka. 

Seorang petugas ambulans dari kota itu mengatakan kepada Middle East Eye, pasukan Israel menyerbu stasiun ambulans di kamp pengungsi Far'a dan sempat menahan paramedis di luar.

BERITA TERKAIT

Adnan Ghoneimi mengatakan tentara Israel memaksa tim medis meninggalkan stasiun dan membariskan mereka ke dinding saat mereka menggeledah fasilitas tersebut. 

Paramedis di kota tersebut telah dihalangi untuk mencapai kamp tersebut sejak penggerebekan dimulai pada tengah malam, tambahnya. 

Pengepungan telah diberlakukan terhadap ketiga kota - Jenin, Tulkarm dan Tubas - di Tepi Barat utara, memisahkan mereka dari wilayah Palestina lainnya. 

Baca juga: Israel Tuding Iran Biayai Militan Palestina, Serang Tepi Barat untuk Hancurkan Dukungan Teheran

Shatha Sabagh, seorang penduduk kamp Jenin, menggambarkan penggerebekan itu sebagai penggerebekan terbesar yang pernah dilihatnya selama bertahun-tahun. 

"Jumlah kendaraan militer yang menyerbu Jenin sangat besar," katanya kepada MEE.

Tiga rumah sakit utama dikepung dan semua jalan menuju kota ditutup dengan penghalang tanah.

Tampaknya pertempuran akan terus berlanjut selama beberapa hari.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas