Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Herbal Jadi Alternatif Pengobatan untuk Penderita Kanker? Ini Kata Dokter Spesialis Uro-Onkologi

Banyak penderita kanker yang masih meyakini bahwa obat-obatan yang berasal dari tumbuhan (herbal) mampu menjadi alternatif pengobatan medis.

Herbal Jadi Alternatif Pengobatan untuk Penderita Kanker? Ini Kata Dokter Spesialis Uro-Onkologi
Bet_Noire
Ilustrasi kanker 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak penderita kanker yang masih meyakini bahwa obat-obatan yang berasal dari tumbuhan (herbal) mampu menjadi alternatif pengobatan medis.

Namun apakah obat herbal efektif dan aman untuk para penderita kanker ?

Konsultan Dokter Spesialis Uro-Onkologi di Siloam Hospitals ASRI, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U (K), PhD mengatakan yang menjadi kelemahan obat herbal ini adalah bukti ilmiahnya.

Ini yang membedakan obat-obatan herbal dengan pengobatan medis yang telah terbukti secara ilmiah atau evidence based medicine (EBM).

Baca juga: Kenali Gejala Kanker pada Anak Lebih Dini

Menurutnya, obat yang diberikan kepada pasien kanker tentunya tidak boleh hanya berdasar testimoni atau pernyataan seseorang, tanpa melalui pendekatan medik yang didasarkan pada bukti ilmiah.

"Salah satu kelemahan dari obat alternatif atau obat herbal itu, kita tidak bisa buktikan secara keilmiahan atau evidence based. Ya memang harus ada bukti ilmiahnya, apa yang kita berikan ke pasien itu memang terbukti secara ilmiah, bukan testimoni," ujar dr Rizal, dalam agenda virtual bertajuk 'World Cancer Day 2021: Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Prostat dengan Inovasi Biopsi Robotik', Rabu (17/2/2021).

Ia pun tidak memungkiri bahwa banyak pasien kanker, termasuk kanker prostat yang menanyakan terkait efektivitas obat herbal ini.

Namun ia menekankan, obat yang belum terbukti secara ilmiah, tentunya belum diketahui pula efek sampingnya terhadap kondisi pasien.

"Tapi memang ini banyak sekali ditanya oleh para pasien kanker prostat, 'bagaimana kalau saya meminum obat herbal?' Nah masalahnya adalah obat alternatif atau herbal ini tidak kita ketahui efek sampingnya," kata dr Rizal.

Baca juga: Termasuk Silent Killer, Begini Cara Mencegah Munculnya Kanker Prostat 

Baca juga: Ketika Anak Penderita Kanker Jalani Kemoterapi, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas