Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berani Bumbu Saat Masak di Rumah, Sama Saja Seperti Minum Jamu, Bisa Tingkatkan Imunitas Loh

empon-empon yang diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan ini ternyata selama ini adalah bumbu yang biasa digunakan untuk memasak oleh banyak ibu-ibu

Berani Bumbu Saat Masak di Rumah, Sama Saja Seperti Minum Jamu, Bisa Tingkatkan Imunitas Loh
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pedagang bumbu dapur yang sudah jadi di Pasar, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2013). Walaupun ada kenaikan tapi cabe yang tadinya harga sekitar 15 ribu rupiah perkilogram mengalami kenaikan hampir menembus 50 ribu perkilogram. Kenaikan akan tak terarah menjelang Bulan Rahmadan dan kenainkan BBM. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari tanaman herbal, rempah-rempah atau biasa disebut rimpang (empon-empon) dianggap dapat meningkatkan imunitas, termasuk di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Presiden Direktur PT Mahkota Dewa Indonesia Ning Harmanto, S.Ag.Kes mengatakan bahwa empon-empon yang diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan ini ternyata selama ini adalah bumbu yang biasa digunakan untuk memasak oleh banyak ibu-ibu di rumah.

Baca juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19, Yuk Bikin Ramuan Dari Daun Kelor hingga Jahe

Baca juga: Indro Warkop Umumkan Terpapar Covid-19, Menduga Imunnya Lagi Drop

"Di dapur kita, di kebun kita itu banyak solusinya, masakan kita ini juga sebenarnya obat ya, jika kita berani dalam menambah bumbu (rempah)," ujar Ning, dalam webinar bertajuk 'Cara Mudah Tingkatkan Imun Hanya Dari Rumah', Rabu (23/6/2021).

Ia kemudian menyebut lengkuas, jahe, kunyit hingga temulawak sebagai rempah yang sebenarnya dapat diolah menjadi ramuan berkhasiat dalam menjaga daya tahan tubuh.

Presiden Direktur PT Mahkota Dewa Indonesia Ning Harmanto, S.Ag.Kes dalam webinar bertajuk 'Cara Mudah Tingkatkan Imun Hanya Dari Rumah', Rabu (23/6/2021).
Presiden Direktur PT Mahkota Dewa Indonesia Ning Harmanto, S.Ag.Kes dalam webinar bertajuk 'Cara Mudah Tingkatkan Imun Hanya Dari Rumah', Rabu (23/6/2021). (Capture Youtube SehatQ)

Bahkan ada pula rempah temumangga yang jarang diketahui namun dianggap dapat dikonsumsi pula oleh anak-anak karena rasanya yang tidak pahit dan seperti buah mangga.

Terkait rempah-rempah ini, diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan, satu diantaranya adalah anti peradangan sehingga dianggap baik dikonsumsi untuk mencegah Covid-19.

Baca juga: Cara Mandiri Menangani Sakit Kepala, Bisa Tanpa Obat, Tidur hingga Teh dan Jahe Jadi Solusi

Baca juga: Dilanda Corona: Masker, Hand Sanitizer Hilang dari Pasaran, Empon-empon Laris Manis dan Panic Buying

"Rimpang atau empon-empon, bumbu dapur ini sangat bagus untuk mengatasi atau meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa dipilih jahe, temulawak, kunyit temumangga, dan lengkuas, kalau lengkuas kan biasa kita masak lodeh, rawon misalnya selalu ada ya," kata Ning.

Lebih lanjut Ning menekankan jika anda 'berani bumbu' dalam memasak di rumah, maka masakan itu sama berkhasiatnya seperti jamu lantaran kaya akan rempah.

Sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang diperkaya banyak bumbu, akan memberikan dampak yang sangat baik pada imunitas tubuh.

"Jadi, masakan kalau kita berani bumbu, sama halnya kalau kita minum jamu sebetulnya. Dan imun tubuh kita jadi tinggi, kalau kita mau masak dengan aneka bumbu seperti ini," tegas Ning.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas