Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Alasan WHO Belum Rekomendasikan Vaksinasi Massal untuk Penyakit Monkeypox

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sampai saat ini belum merekomendasikan pemberian vaksinasi massal terkait monkeypox atau cacar monyet ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Alasan WHO Belum Rekomendasikan Vaksinasi Massal untuk Penyakit Monkeypox
AFP/KENA BETANCUR
Seorang pria mengantre untuk menerima vaksin Monkeypox sebelum pembukaan situs vaksinasi massal baru di Kampus Pendidikan Bushwick di Brooklyn pada 17 Juli 2022, di New York City. - New York, di Pantai Timur AS, telah memberikan atau menjadwalkan 21.500 vaksin dan berharap untuk mempercepat prosesnya, menjanjikan lebih dari 30.000 suntikan untuk seluruh negara bagian. (Photo by Kena Betancur / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Badan Kesehatan Dunia atau WHO sampai saat ini belum merekomendasikan pemberian vaksinasi massal terkait monkeypox atau cacar monyet ini pada seluruh penduduk.

WHO hanya menganjurkan, vaksinasi pada mereka yang kontak dengan pasien cacar monyet, termasuk petugas kesehatan dan mereka dengan risiko penularan seksual.

Baca juga: Mengapa Cacar Monyet Jadi Ancaman Global Menurut WHO? Kenali Gejala Monkeypox dan Penularannya




Terdapat satu vaksin cacar monyet yang bernama MVA-BN yang telah mendapat persetujuan penggunaan di Amerika Serikat, Kanada dan Uni Eropa.

Dua jenis vaksin lainnya, yaitu LC16 dan ACAM2000 juga dipertimbangkan untuk dapat diberikan untuk pencegahan cacar monyet.

"Tetapi secara umum memang masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efikasi dan berapa kali harus diberikannya, jadi bagaimanapun maka menghindari kontak langsung dengan pasien tetap merupakan cara pencegahan terbaik," ujar Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Satu Pasien Cacar Monyet Suspek di Jawa Tengah, BPOM Bakal Beri Izin Edar Vaksin Monkeypox?

Meski belum ada vaksin yang spesifik untuk monkeypox, vaksin smallpox atau cacar biasa dianggap masih memiliki proteksi terhadap penyakit monyekpox.

Orang-orang mengantre untuk menerima vaksin Monkeypox sebelum pembukaan situs vaksinasi massal baru di Kampus Pendidikan Bushwick di Brooklyn pada 17 Juli 2022, di New York City. - New York, di Pantai Timur AS, telah memberikan atau menjadwalkan 21.500 vaksin dan berharap untuk mempercepat prosesnya, menjanjikan lebih dari 30.000 suntikan untuk seluruh negara bagian. (Photo by Kena Betancur / AFP)
Orang-orang mengantre untuk menerima vaksin Monkeypox sebelum pembukaan situs vaksinasi massal baru di Kampus Pendidikan Bushwick di Brooklyn pada 17 Juli 2022, di New York City. - New York, di Pantai Timur AS, telah memberikan atau menjadwalkan 21.500 vaksin dan berharap untuk mempercepat prosesnya, menjanjikan lebih dari 30.000 suntikan untuk seluruh negara bagian. (Photo by Kena Betancur / AFP) (AFP/KENA BETANCUR)
BERITA TERKAIT

Prof Tjandra menerangkan, dari sudut virologi maka virus penyebab cacar monyet masuk dalam kelompok genus orthopoxvirus, bersama dengan virus smallpox penyebab penyakit cacar yang sudah dieradikasi di muka bumi pada tahun 1980.

Karena masih dalam satu genus maka diduga mereka yang sebelum tahun 1980 sudah pernah divaksin cacar maka akan punya proteksi juga terhadap cacar monyet.

Mengutip penasehat penyakit menular pemerintah Amerika Serikat Dr Anthony Fauci bahwa lamanya proteksi vaksin cacar dapat berbeda dari orang ke orang,

"Sehingga kita tidak dapat menjamin sepenuhnya bahwa mereka yang dulu sudah divaksin cacar akan terlindung pula terhadap cacar monyet kini," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas