Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Fakultas Kedokteran Gigi UI Ingatkan Masyarakat tentang Kesadaran Kesehatan Jaringan Penyangga Gigi

FKG UI memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hubungan antara kesehatan jaringan penyangga gigi dan penyakit sistemik.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Fakultas Kedokteran Gigi UI Ingatkan Masyarakat tentang Kesadaran Kesehatan Jaringan Penyangga Gigi
Ist
Pemeriksaan gigi sekaligus edukasi kepada masyarakat mengenai hubungan antara kesehatan jaringan penyangga gigi dan penyakit sistemik yang dilakukan FKG UI. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, DKI Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 peserta dokter gigi spesialis periodonsia anggota Ikatan Periodonsia (IPERI) Komda Jaya dan dokter gigi umum.




"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan jaringan penyangga gigi (periodontal) dan dampaknya terhadap kualitas hidup," ujar Ketua Panitia pengabdian masyarakat, drg. Dimas Ilham Hutomo, Sp.Perio(K), melalui keterangan tertulis, Jumat (30/8/2024).

Dimas mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya remaja dan lansia mengenai hubungan antara kesehatan jaringan penyangga gigi dan penyakit sistemik.

Penyakit sistemik tersebut, adalah pubertas, merokok, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

"Edukasi ini dilakukan melalui penyuluhan yang interaktif serta pemeriksaan dan pembersihan karang gigi," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Pulau Untung Jawa dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Inovasi di bidang kedokteran gigi anak

Terpisah, akhir pekan lalu, Dental Craft Series (DCS) Diklat (RSGMP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seminar dan hands-on yang bertajuk " New Update in Pediatric Dentistry " pada Sabtu (24/08/2024) di Aula Hj. Halimah Dg. Sikati Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin Makassar.

Dikutip dari Tribun Health, acara yang digelar pada tanggal 24 Agustus 2024 ini dihadiri oleh para profesional kedokteran gigi, praktisi dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan para profesional gigi di Indonesia, serta memperkenalkan mereka pada metode dan inovasi terkini di bidang kedokteran gigi anak.

Dengan menghadirkan narasumber internasional dan menyediakan pengalaman praktik langsung, RSGMP Unhas berkomitmen untuk meningkatkan kualitas perawatan gigi anak di tanah air.

Salah satu narasumber internasional, Dr. Mukul Jain, M.D.S dari India yang merupakan ahli terkemuka dalam kedokteran gigi anak, membagikan pengetahuan terkini mengenai teknik dan metodologi terbaru dalam perawatan gigi anak.

Melalui presentasi yang mendalam dan sesi tanya jawab interaktif, peserta mendapatkan wawasan berharga tentang cara mengatasi berbagai tantangan dalam praktik klinis sehari-hari.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas