Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pensiunan PNS Lakukan Vasektomi Sejak Tahun 2001: Libido Seks Meningkat, Istri Lebih Sehat

Tidak perlu khawatir sperma yang tidak tersalurkan itu akan kemana-mana tetapi akan kembali menjadi sel.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: willy Widianto
zoom-in Pensiunan PNS Lakukan Vasektomi Sejak Tahun 2001: Libido Seks Meningkat, Istri Lebih Sehat
Dokumentasi Pribadi
Muhammad Bawardadi (66) pensiunan PNS yang sudah melakukan vasektomi sejak tahun 2021 mengaku libido seksnya meningkat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Muhammad Bawardadi (66) pria yang menjalankan program Keluarga Berencana(KB) vasektomi tak menyangka kehidupan rumah tangganya menjadi lebih harmonis. Seusai vasektomi, pensiunan PNS ini mengaku libidonya meningkat.

Baca juga: Anggota TNI Disarankan Ikut Vasektomi

“Justru setelah vasektomi, libido meningkat. Sampai sekarang saya masih aktif secara seksual. Vasektomi ini adalah KB untuk pria yang paling bagus dan efektif,” ujar dia saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (8/10/2024).

Menurut dia, KB tidak harus dilakukan oleh perempuan. Ada sejumlah efek samping yang bisa dirasakan perempuan setelah penggunaan KB. Perempuan sudah mengandung, melahirkan dan mengurus anak tidak perlu diberi beban lagi dengan penggunaan kontrasepsi.

Karena itu, sebaiknya pria saja yang memakai KB, apalagi jika sudah tidak ingin memiliki anak. “Suami bijak dan sayang istri itu pasti pilih vasektomi. Dengan membebaskan istri dari kontrasepsi , maka istri bisa menjadi lebih sehat,” ujar pria yang disapa Dadi ini.

Baca juga: BKKBN: Pria yang Vasektomi Masih Bisa Ereksi dan Ejakulasi

Sejak tahun 2001 Dadi memutuskan melakukan vasektomi, istrinya tidak lagi merasakan efek samping dari penggunaan pil KB yang sebelumnya digunakan. Baik fisiknya dan sang istri juga menjadi lebih sehat.

Vasektomi ujar dia adalah tindakan memutuskan saluran sperma, dimana saluran yang membawa sperma dari testis ke kantong air mani diputus. Sehingga sperma atau air mani itu tidak terbawa ke atas.

Pria lanjut Dadi sebenarnya tidak perlu khawatir sperma yang tidak tersalurkan itu akan kemana-mana tetapi akan kembali menjadi sel.

Baca juga: Pelayanan Alat Kontrasepsi KB di 34 Provinsi Tembus 1,8 Juta Akseptor

BERITA REKOMENDASI

“Minim sekali efek sampingnya vasektomi ini. Dari awal tindakan 20 tahunan lalu sampai hari ini tidak pernah mengeluhkan apa-apa. Banyak sekali anggapan masyarakat bahwa vasektomi menurunkan gairah seksual, tidak seperti itu. Itu kata mereka yang tidak paham dan mengerti apa itu vasektomi,” ucap Dadi.

Suami dari Een Wamilah ini memiliki prinsip bahwa anak-anaknya harus memiliki pendidikan setinggi-tingginya. Karena itu, dengan mengikuti program KB ini bisa merencanakan keluarga menjadi lebih berkualitas.

Baca juga: Tanggapan Wina Natalia soal Anji Manji yang Ingin Lakukan Vasektomi

“Saya berdua dengan istri sudah berdiskusi, hanya ingin memiliki dua anak. Dua anak lebih baik, maka vasektomi ini metode KB terbaik dan aman bagi suami istri,” kata Dadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas